Mengenal Aki Untuk Mesin Balap, Apa Bedanya Dengan Standar?

Mengenal Aki untuk Mesin Balap, Apa Bedanya Dengan Standar?

KabarOto.com - Seperti peruntukannya, dapat dibayangkan accu atau aki alias baterai yang didesain khusus untuk mesin kompetisi harus dibuat se-ergonomis mungkin.

Melihat dimensinya yang lebih kecil dan tipis dari aki standar, untuk mesin mobil balap memang sengaja dibuat dengan bobot lebih ringan. Seperti yang diutarakan oleh Yudhistira Maranatha dari Engineplus Motorsport di bilangan Sunter, Jakarta Utara.

Ia bilang, selain karena faktor bobot, Aki balap sengaja dibuat dengan dimensi tipis dan kecil agar dapat diposisikan di area yang aman pada mobil mengingat rasio kecelakaan di dunia balap yang lebih besar ketimbang mengemudi sehari-hari.

Baca Juga: Bamsoet Rangkul Pembalap Nasional Jadi Pengurus IMI

“Arus semua hampir sama bahkan lebih stabil dari aki standar, dan aki untuk balap biasanya punya durabilitas lebih tinggi. Contohnya ketika aki standar bisa 1-2 kali charge, aki balap bisa lebih lama lagi asal enggak salah pemakaian,” ujar Yudhis, sapaan akrabnya.

Dirinya menambahkan bahwa beberapa Accu untuk mesin mobil balap bahkan memiliki dimensi seukuran Accu untuk mesin roda 2. Harganya pun bervariatif berkisar antara Rp 3-8 juta dengan merek seperti Odyssey, Panasonic dan Super B.