Mengenal Fitur Rear Cross Traffic Alert

Mengenal Fitur Rear Cross Traffic Alert

KabarOto.com – Mobil modern dibekali banyak fitur keselamatan. Salah satunya Rear Cross Traffic Alert (RCTA), lalu sebenarnya apa kegunaan fitur tersebut?

Secara singkat, RCTA ini merupakan sejumlah perangkat yang didesain untuk membantu pengemudi mendapatkan gambaran kendaraan lain melintas di belakang mobil.

Tidak hanya sebagai penambah visibilitas di bagian belakang mobil saja. Fitur ini bisa menghentikan mobil ketika mendeteksi adanya obyek di belakang mobil ketika melakukan manuver mundur. Sensor pada fitur RCTA akan otomatis aktif ketika mobil dalam posisi mundur.

Baca juga: Tesla Punya Fitur Dan Teknologi Baru, Ini Bocorannya!

Sumber : Bosch

Fitur ini memang sangat membantu pengemudi terutama untuk mobil besar, karena kondisi di belakang mobil kerap menjadi blind spot atau sudut titik buta yang tidak terlihat oleh mata.

Secara bersamaan, fitur ini bekerja sama sengan Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS) yang bisa menghindari benturan saat parkir, sistem akan menyalakan suara dan menampilkan peringatan saat sensor depan atau belakang mendeteksi objek yang menghalangi jalur parkir. Tenaga mesin juga akan dikontrol untuk mencegah mobil melaju mendadak tanpa sengaja.

Sumber : Continental

Jika diaplikasikan pada kasus, fitur ini cocok apabila parkir masuk kepala terlebih dahulu dan sisi kanan kiri ada kendaraan. Sehingga kalian tidak bisa mengidentifikasi kendaraan melintas di belakang, misalnya mendadak muncul pengguna jalan lain, seperti sepeda, motor dan mobil.

Baca juga: Ini Fitur Unggulan Di Daihatsu Rocky

Budiarto, selaku Department Head Technical Service Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan “RCTA ini memiliki sensor yang pada bagian belakang dan posisinya di ujung kiri dan kanan.”

"Fitur ini akan aktif ketika mobil dalam posisi mundur dan kecepatannya berada di bawah 8 kpj. Untuk jangkauan radar dari sensornya umumnya mencapai 20 meter. RCTA dikombinasikan dengan fitur kamera mundur yang bisa menampilkan kondisi di belakang mobil secara jelas. Jika sensor mendeteksi adanya kendaraan lain maka muncul peringatan di Multi-Information Display, dan indikator berkedip di kedua spion disertai bunyi buzzer," jelasnya.