Mengenal Fungsi Suspensi Upside Down All New Honda CB150R

Mengenal Fungsi Suspensi Upside Down All New Honda CB150R

KabarOto.com - Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu baru saja memperkenalkan motor naked sport yaitu All New Honda CB150R Streetfire. Ada banyak pembaruan fitur baru yang membuatnya terkesan layaknya moge. Di antaranya bagian kemudi menggunakan setang tipe Tapered Handle Bar. Motor bisa dikendalikan dengan optimal, sesuai dengan postur pengendara.

Kemudian yang terbaru, adalah suspensi depan berjenis Inverted Front Suspension merk Showa bertipe SFF BP (Separated Function Fork Big Piston). Ukuran sebesar 37 mm.

Baca Juga: Biaya Pasang Upside Down All New Honda CB150R Streetfire Ke Tipe Lama

Secara kontruksi luar, shock tipe Inverted Front Fork Suspension sering disebut sebagai Upside Down. Yaitu sokbreker yang teleskopiknya berdiameter lebih kecil dari pada tabung, kontruksi tabung terikat pada segitiga sedangkan pipa teleskopik terhubung dengan as roda depan.

Kontruksi dalam sokbreker sebelah kanan berfungsi sebagai reaksi. Sedangkan sebelah kiri berfungsi sebagai preload, kompresi, dan rebound. Desain yang berbeda ini merupakan solusi memangkas berat dari suspensi Upside Down pada umumnya.

Sokbreker tipe ini memiliki gaya peredaman yang responsif, minim getaran saat kecepatan tinggi, rigid yaitu mampu bekerja solid antara shock kanan dan kiri walau berbeda fungsi.

Khusus yang menggunakan SFF Big Piston akan lebih unggul memberikan stabilitas untuk pengereman, sehingga CB150R Streetfire pengeremannya lebih optimal, dan menjaga stabilitas arah motor serta mencegah motor terlalu menungging saat mengerem keras.

Sokbreker ini membuat pengendalian lebih tanggap karena memberikan respon ke tangan pengendara, tetapi tidak mengacaukan pengendalian.

Alfian Dian Pradana, Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah mengatakan, respon ini akan memberikan informasi ke tubuh pengendara mengenai gerakan roda depan.

Sehingga pengendara akan merasa lebih menyatu dan mantap dengan kendaraannya, serta pada saat pengendalian dapat merespon lebih cepat.

Baca Juga: Beli All New Honda CB150R Streetfire Dapat Potongan Angsuran Rp2 Jutaan

“Suspensi ini memberikan peningkatan signifikan dalam hal pengendalian dan pengereman yang lebih baik," terangnya.