Mengenal Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System

Mengenal Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System

KabarOto.com – Dikenal sebagai produsen mobil yang mengandalkan performa kendaraan, Mitsubishi Motors memiliki teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System (MIVEC). Merupakan senjata utama untuk meningkatkan performa mesin dan efisiensi.

Teknologi MIVEC ini merupakan nama umum untuk semua mesin Mitsubishi yang dilengkapi mekanisme pengaturan valve-timing (waktu bukaan katup udara dalam mesin), dapat disesuaikan dengan kebutuhan mesin secara otomatis.

Mesin MIVEC yang disematkan di kendaraan Mitsubishi Motors memiliki teknologi yang tidak sekadar mengoptimalkan performa tenaga mesin. Namun, juga memperhitungkan tingkat konsumsi bahan bakar dan gas buang yang efisien, sekaligus juga memerhatikan keberlangsungan lingkungan.

Mesin MIVEC pertama kali digunakan pada tahun 1992 di Mitsubishi Mirage. Dan, sejak itu Mitsubishi Motors telah menambahkan sejumlah perangkat tambahan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Mitsubishi Motors kemudian terus mengembangkan mesin MIVEC menjadi mesin All New MIVEC, mengendalikan intake valve timing (waktu bukaan katup udara masuk) dan besarnya valve lift pada waktu yang sama, sepanjang waktu.

Baca Juga : Sudah Diproduksi, Mizzle Tunda Perkenalan Ban Khusus Yamaha NMax

Pada tahun 2011, Mitsubishi Motors menyematkan mesin All New MIVEC SOHC (Single Over Head Camshaft) di model Mitsubishi Galant Fortis untuk pasar Jepang dan Mitsubishi Sportback Galant Fortis. All New MIVEC SOHC 16 Valve (4J1 model), kinerja mesin telah lebih dikembangkan dengan menyesuaikan volume udara yang masuk melalui mekanisme pengaturan valve timing dan valve lift serta bukaan throttle valve.

Mesin jenis 4J1 model ini juga telah mengurangi konsumsi bahan bakar dengan peningkatan stabilitas pembakaran melalui optimalisasi struktur ruang bakar dan pengurangan gesekan melalui optimalisasi struktur piston. Selain itu, meskipun mesin All New MIVEC mengadopsi struktur SOHC yang sederhana, kinerja mesin tersebut sama dengan mesin MIVEC sebelumnya.

Selain itu sistem start-stop AS&G (Automatic Stop and Go) mencapai stop-and-start yang mulus dengan getaran minimal bersama dengan pengurangan konsumsi bahan bakar saat restart karena pengurangan volume asupan udara oleh sistem All New MIVEC.

Mitsubishi Motors juga mengembangkan seri mesin MIVEC DOHC 16-valve Engine (4B1) yang digunakan di Mitsubishi Outlander dan Delica D:5. Serta model Galant Fortis menggunakan sistem MIVEC yang secara kontinu dan optimal mengontrol valve timing & valve lift pada intake dan exhaust valve sesuai dengan putaran mesin.

Baca Juga : Raimas Reborn Polres Depok Gunakan Helm Cargloss Former Text 1

Teknologi MIVEC juga disematkan pada kendaraan penumpang Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Yakni, Mitsubishi Xpander yang dibekali mesin 4A91 MIVEC 1.5L DOHC 16 Valve yang memiliki tenaga hingga 100 dk pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm.

Xpander Cross memiliki tenaga maksimum dan torsi yang sama, namun Xpander Cross memiliki kombinasi mesin dan suspensi canggih dengan katup peredam guncangan sehingga dapat memberikan kenyamanan berkendara di berbagai medan.

Di Outlander Sport, disematkan mesin 4B11 16 Valve MIVEC DOHC berkapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 144 dk pada 6.000 rpm juga torsi maksimum 197 Nm pada 4.200 rpm.

Di segmen medium SUV, Eclipse Cross memiliki mesin 4B40 DOHC MIVEC 1.5L yang dilengkapi tTurbocharged. Menjadikan torsi lebih bertenaga pada RPM rendah-menengah. Melalui mesin empat silinder, ECLIPSE CROSS mampu mencapai tenaga maksimum hingga 144 dk pada 5.500 rpm dan dengan torsi mesin maksimum 250 Nm pada 2.000-3.500 rpm.

Baca Juga : Dua Varian All New Audi A6 Meluncur Di Tanah Air

Tidak hanya model kendaraan berbahan bakar bensin, kendaraan bermesin diesel seperti Pajero Sport varian Dakar 4x4, Dakar Ultimate, dan Dakar 4x2 yang dihadirkan mesin 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged and Intercooled. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga besar mencapai 173 dk pada 3.500 rpm dan dilengkapi teknologi Variable Geometry Turbo (VGT).

New Triton juga dibekali teknologi MIVEC bermesin 4N15 DI MIVEC DOHC 16 valve Direct Diesel Injection, Intercooled & Turbocharged untuk varian Ultimate dan juga Exceed. Dengan mesin ini, New Triton mampu menghasilkan tenaga maksimum 173 dk pada 3.500 rpm dan torsi maksimum 430 Nm pada 2.500 rpm, sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2.

Bukan hanya itu, Kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang baru saja diluncurkan pada Juli 2019, Outlander PHEV juga dibekali mesin MIVEC yang melengkapi kecanggihan dan berbagai fitur yang dimilikinya. Outlander PHEV hadir disematkan mesin 4B12 2.400 cc, DOHC MIVEC 4 (empat) silinder dengan tenaga maksimum 122 dk pada 4.500 rpm dan torsi maksimum 199 Nm pada 4.500 rpm.

Berita Terkait

Berita Terkait