POPULAR STORIES

Mengenal Recce Car Dalam Dunia Rally, Apa Itu?

Mengenal Recce Car dalam Dunia Rally, Apa itu? Mengenal Recce Car dalam Dunia Rally (Kipli/ Garden Speed/ Amandio)

KabarOto.com - Sobat KabarOto pastinya sebagian ada yang doyan dan menggeluti dunia rally, baik itu tingkat nasional maupun internasional. Olah raga tanah memang menarik bagi penggemarnya, namun apakah Sobat tahu istilah Recce Car dalam dunia reli?

Recce Car adalah kendaraan yang dipakai Driver dan Co-driver reli pada saat survei atau pengenalan trek reli, yang dilakukan sesaat sebelum kualifikasi yang dilanjutkan balap.

Istilah Recce sendiri merupakan kepanjangan dari reconnaissance. Di luar negeri sendiri, kegiatan recce yang dilakukan relatif lebih 'liar' daripada lazimnya trek dalam negeri, karena jalur yang dilewati masih digunakan untuk publik atau jalan umum, bahkan beberapa jalurnya merupakan lajur dua arah.

Tujuannya sendiri, mengutamakan pembalap dan navigator dalam menguasai medan yang bakal dilalui ketika kualifikasi dan balap. Lazimnya mereka menyepakati penulisan pacenote atau kode dalam membaca situasi trek.

Baca Juga: Tim Vespa Indonesia Ikut Serta Rally Audax Roma Castelli E Romani Di Italia

Menilik recce car di dalam negeri, masing-masing tim balap dan privateer memiliki kendaraan andalannya. Diketahui, beberapa pihak juga menyewa recce car di lokasi trek untuk keperluan survei dengan alasan menghemat waktu dan biaya.

Contohnya seperti drifter Indonesia, Emmanuel Adwitya Amandio yang menggunakan Mitsubishi Lancer tipe station wagon atau yang biasa disebut Lancer Libero di reli Bandung, Jawa Barat.

Berbeda dengan Dio, sapaan akrabnya, Taqwa punggawa bengkel Garden Speed juga sempat terlihat menggunakan Mitsubishi Evolution X Recce Car setir kiri (LHD). Mobil ini digunakan pada APRC 2023 ( Asia Pacific Rally Championship) di danau Toba, 23 - 24 September lalu.

Baca Juga: Ryan Nirwan Dan Adi Indiarto Kuasai Podium Kejurnas Sprint Rally Bandung 2023

Menurut penuturannya, pemilihan tipe LHD (Left Hand Drive), bukan tanpa alasan, karena mobil reli asli yang digunakan adalah LHD, maka Recce car juga dipilih yang LHD untuk akurasi feeling dan input driver pada saat membuat pace note.

Walaupun bukan kendaraan yang dibuat untuk kompetisi di kelas reli, tapi spesifikasinya 99% sesuai dengan mobil reli sebenarnya, yang mewajibkan banyak komponen memiliki FIA Rally Homologation. Recce Car ini juga dilengkapi dengan AC (Air Conditioner), agar kabin tetap nyaman.