POPULAR STORIES

Mengenal Sosok Mitsubishi Model A, Mobil Penumpang Pertama Di Jepang

Mengenal Sosok Mitsubishi Model A, Mobil Penumpang Pertama di Jepang Mitsubishi Model A (Mitsubishi)

KabarOto.com - Boleh dibilang, mobil buatan Jepang saat ini menjadi salah satu penguasa pasar otomotif dunia. Rata-rata, mobil produksi Negeri Matahari Terbit itu, dikenal dengan daya tahan yang baik dan perawatan yang mudah.

Bahkan, di Amerika yang juga diketahui sebagai negara produsen mobil, warganya lebih memilih untuk menggunakan mobil Jepang seperti tampak dalam survey cars.com. Hal tersebut juga terjadi di Indonesia, dimana mobil buatan Jepang mendominasi pasar.

Baca Juga: Ini 5 Mobil Mewah Dengan Harga Paling Mahal Di Dunia

Apalagi sejak investasi otomotif Jepang dibuka pada 1974, pabrikan mobil asal Jepang telah mendominasi market Tanah Air, dan berhasil mendepak rivalnya dari Eropa dan Amerika.

Nah, mungkin tidak banyak yang tahu kalau sejarah mobil penumpang pertama di Jepang itu ternyata adalah mobil buatan Mitsubishi pada 1917. Awalnya, Mitsubishi sendiri merupakan produsen mesin kapal laut.

Pabrikan berlogo tiga berlian itu, dibangun oleh Yataro Iwasaki pada tahun 1870 silam. Dalam perjalanannya, Mitsubishi berhasil membuat Mitsubishi Model A di perakitan kapal di Kobe Shipyard.

Dalam hal desain, Model A ini dibangun berdasarkan referensi dari mobil Eropa yakni Fiat Tipo 3. Bila sobat kabarOto lihat sekilas, tampilannya juga mirip dengan Ford Model A namun dengan pilar kaca yang lebih tinggi.

Produksi pertama Model A

Bodinya diproduksi menggunakan sketsa dari basis mobil yang sudah dilepas per bagiannya. Lalu mesinnya dibuat dari cast iron atau besi tuang, sementara sasis dari bahan baja dan interiornya dibuat dari kayu oleh desainer, yang membuat kereta kayu ternama saat itu.

Menariknya, mobil ini juga dilengkapi oleh lampu depan yang menggunakan gas, lalu klakson terompet dan cangkang bodinya yang terbuat dari baja, ditempel ke rangka kayu.

Sementara material interiornya menggunakan bahan kain mewah buatan Inggris. Mobil empat pintu ini mampu memuat hingga tujuh penumpang.

Sanggup memuat 7 penumpang

Sebagai tenaga penggerak, Mitsubishi Model A dilengkapi mesin 4 silinder 2.800 cc yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 35 dk yang disalurkan ke roda belakang.

Tenaga tersebut termasuk besar untuk ukuran mobil saat itu, sehingga sanggup membuat Model A melesat hingga kecepatan tertinggi 97 kpj.

Baca Juga: Pecinta Lebah, Roll-Royce Memperingati Hari Lebah Sedunia

Model A ini dipamerkan di Fukuoka Expo pada tahun 1919, bersama dengan mesin pesawat yang juga diproduksi oleh Kobe Shipyard.

Penjualan Model A, lantas dilakukan oleh Ote Company, yaitu dealer Mitsubishi pertama yang juga perusahaan rekanan antara Mitsubishi Shipbuilding dengan Mitsubishi Corporation.

Mobil ini diproduksi oleh Mitsubishi selama empat tahun mulai 1917 hingga 1921 dan total ada 22 unit termasuk mobil prototipenya.