POPULAR STORIES

Mengenal Track Limit, Tempat Para Pembalap Terkena Penalti Di F1 Austria 2023

Mengenal Track Limit, Tempat Para Pembalap Terkena Penalti di F1 Austria 2023 Track Limit di Sirkuit Austri (Foto: F1)

KabarOto.com - F1 Austria 2023 mungkin bisa dibilang balapan yang cukup banyak menghukum para peserta dengan penalti, dan hampir semuanya terkait pelanggaran track limit atau batas trek. Bisa dibilang tempat para pembalap terkena penalti.

Total ada 9 pembalap terkena penalti track limit, sebut saja Carlos Sainz (Scuderia Ferrari), Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas), Esteban Ocon dan Pierre Gasly (Alpine), Nyck de Vries dan Yuki Tsunoda (AlphaTauri), Alex Albon dan Logan Sargeant (Williams), dan Kevin Magnussen (Haas).

Lalu bagaimana peraturan track limit? Menurut pasal 33.3 Peraturan Olahraga berbunyi, “Pembalap harus melakukan segala upaya untuk menggunakan lintasan setiap saat dan tidak boleh meninggalkan lintasan tanpa alasan yang dapat dibenarkan. Pembalap dinilai telah meninggalkan lintasan jika tidak ada bagian dari mobil yang tetap bersentuhan dengan trek, setiap garis putih menandai tepi lintasan,"

Baca Juga : 8 Pembalap Terkena Penalti Batas Trek, Hasil F1 Austria 2023 Berubah

Sebenarnya sederhana, trek limit adalah batas lintasan di mana mobil pembalap tidak boleh berada di luar garis putih trek. Apabila bila keempat roda mobil berada sepenuhnya di luar area garis, maka akan dianggap melanggar track limit.

Jika pembalap melanggar track limit saat kualifikasi, catatan waktunya akan dihapus. Sementara ketika balapan, para pembalap punya toleransi hingga tiga kali.

Baca Juga : Lewis Hamilton Kecewa Performa W14 Di F1 Austria 2023 Lambat

Jika sudah melebihi batas pelanggaran, pembalap akan mendapat bendera black and white, sebagai peringatan. Bila sekali lagi melanggar, akan terkena penalti 5 detik, dan seterusnya penalti 10 detik.

Tempat yang paling sering dilanggar trek limit adalah tikungan 9 dan 10, sebab di situ jalanannya menurun, dan untuk memaksimalkan kecepatan di tikungan ini, pembalap harus sedikit mengambil sisi luar trek. Sehingga wajar jika banyak yang terkena penalti.