POPULAR STORIES

Mengharukan, Volkswagen Lakukan Restorasi Pada Beetle Seorang Nenek 73 Tahun

Mengharukan, Volkswagen Lakukan Restorasi Pada Beetle Seorang Nenek 73 Tahun Volkswagen Beetle (ist)

KabarOto.com - Pada bulan Desember 1966, Kathleen Brooks membeli Volkswagen Beetle pertamanya di Riverside, California, sebuah mobil yang lantas dia beri nama Annie. Sejak saat itu, Beetle berwarna merah tersebut setia menemani aktifitasnya sehari-hari hingga lebih dari 51 tahun.

Bila ditotal, sejak dari pertama membeli hingga kini, VW Beetle tersebut telah mencapai jarak lebih dari 563.270 km di odometernya. Sebuah angka yang diklaim cukup untuk mengelilingi dunia sebanyak 14 kali.

Kondisi awal Annie

Sayangnya, kondisi Beetle tersebut lambat laun semakin menurun karena faktor usia. Meskipun tak lagi prima, namun mobil tersebut tetap menjadi andalan Brooks yang kini berusia 73 tahun untuk mobilitasnya sehari-hari, sebagai aktifis kanker payudara.

Baca Juga: Galery Porsche 993 RWB 007

Tak disangka, kisah menarik antara mobil dan pemiliknya ini ternyata menarik perhatian Volkswagen Amerika Utara. Mereka akhirnya memutuskan untuk membuat suatu proyek restorasi, agar kondisi Annie bisa kembali seperti sedia kala.

Sebagai bagian dari proses, Annie lantas dibawa oleh tim Volkswagen dari rumahnya di Riverside dan menuju ke pabrik Volkswagen di Puebla, Meksiko. Selama 11 bulan, tim yang terdiri dari 60 karyawan dan peserta pelatihan, bekerja keras untuk membawa kembali salah satu produk ikonik asal Jerman tersebut ke spesifikasi kualitas pabrik.

Setelah dilakukan sandblasting

Menurut tim, ada sekitar 40% bagian Annie yang diganti, mulai dari transmisi, suspensi, hingga sistem kelistrikan. Selain itu, tim restorasi juga melakukan perbaikan terhadap 357 panel body Annie, karena telah dihinggapi karat yang cukup parah.

Sebelumnya, tim juga melakukan sandblasting secara menyeluruh agar bagian body Beetle tersebut benar-benar bersih dari karat. Setelah perbaikan bagian body selesai, mobil tersebut lantas dilabur dengan cat warna merah yang sama, ketika ia baru keluar dari dealer.

Semua wiring diganti baru

Untuk interiornya, Volkwagen menyematkan head unit stereo AM / FM / Bluetooth yang lebih modern, yang dirancang untuk meniru tampilan dan nuansa radio Beetle asli. Tak hanya itu, agar ikatan pemiliknya dan Annie semakin kuat dan abadi, tim Volkswagen juga menambahkan beberapa sentuhan khusus, seperti bordiran kustom di kursi yang bertuliskan 'Kathleen' dan 'Annie'.

Baca Juga: Ratusan MINI Cooper Klasik Dan Modern Padati QBig BSD City

"Kami sering mendengar cerita tentang pemilik Volkswagen yang berdedikasi, tetapi ada sesuatu yang istimewa tentang Kathleen dan Annie yang kami rasa perlu mendapatkan penghargaian," kata Derrick Hatami, Executive vice president of Sales and Marketing di Volkswagen of America.

Mesin di rebuild total

Volkswagen of America juga mendokumentasikan secara lengkap proses restorasi Annie di Meksiko, "Tujuan dari proyek ini bukan untuk menciptakan Beetle yang ditakdirkan untuk terdiam di museum, tetapi untuk dapat digunakan kembali membawa Annie kembali ke keadaan di mana Brooks bisa mengemudi dan menikmati di sini selama bertahun-tahun ke depan," kata Augusto Zamudio, Project manager and mechatronics engineer.

Lebih lanjut Augusto mengatakan, bahwa ia melihat VW Beetle milik Brooks ini bukan hanya sekadar mobil semata, "Itu adalah anggota keluarganya, dan setelah sekian lama karyawan kami menghabiskan waktu dengan kendaraan khusus ini, kami merasa Annie adalah bagian dari keluarga kami juga,” tambahnya.

Berakhir dengan kondisi seperti dari dealer

Brooks, sang pemilik mengatakan, bahwa selama lebih dari lima dekade, Annie adalah merupakan teman setianya. Bahkan tak jarang ia mengajak mobil tersebut 'mengobrol'. "Saya telah mengatakan berkali-kali, bahwa dia dan saya sangat mirip karena sama-sama sudah tua, dia memudar, dia penyok, dia berkarat, tapi kamu tahu apa? Dia terus berlari. Dan selama saya merawatnya sebaik mungkin, dia akan terus berlari," kata Brooks.

Sebelum berangkat kembali ke Riverside bersama Annie, Brooks menulis surat ucapan terima kasih yang tulus kepada anggota tim di Puebla atas upaya mereka untuk merawat dan merekondisi mobil spesial miliknya.