Menguak Rahasia Di Balik Bodi All New Honda Accord Turbo, Apa Saja?  

Menguak Rahasia di Balik Bodi All New Honda Accord Turbo, Apa Saja?   Foto: Rio Fajar

KabarOto.com – Baru diluncurkan di GIIAS 2019 (18/07) lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) langsung mengajak media menjajal bagaimana serunya All New Honda Accord Turbo ke Bandung. Namun sebelum berangkat, harus dibedah tuntas nih apa saja rahasia di balik tampilan barunya.

Generasi ke sepuluh Accord ini mengalami ubahan besar-besaran. Mulai dari bodi, kaki-kaki hingga mesin dan fitur yang terpasang. Walau garis bodinya tampak sama, namun ternyata platform-nya sudah beda total.

Lihat saja dari samping. Sepintas kap mesin tak banyak ubahan, namun ternyata pilar A-nya sudah lebih landai. Pilar ini mundur 100 mm ke belakang, dan sudutnya meningkat 7,9 derajat untuk daya pandang pengemudi lebih lebar.

Baca juga: Profil - New Honda Civic 1.5L Turbo

Lucu ya aksen sporty di spoiler bagasi ini

Menyambung ke garis atap yang menurun di belakang, membuat All New Accord ini tampil ala coupe. Aerodinamika yang makin baik ini, didukung aksen spoiler mungil di bagasi, membuat aura mewah Accord terasa sporty.

Nah, teknologi terbaru yang dipakai di pabrik Honda adalah laser brazing. Jadi, penyatuan bodi dan atap menggunakan sinar las laser, membuat All New Accord tak ada lagi tambahan garnish atau jalur air hujan yang umum terlihat di sisi kiri dan kanan atap.

Lihat nih sambungan atap dengan bodi, tak ada lagi jalur air besar

Pun tampilan belakang yang juga baru semua. Misal pada bentuk C-shape pada lampu belakang. Dibanding versi terdahulu yang tebal dan melebar, desain ini membuat All New Accord terlihat lebih sporty. Oh iya, untuk semua lampu, mulai lampu utama, lampu kabut dan belakang sudah pakai LED loh.

Bodi ini berubah total, termasuk dimensinya. Misalkan wheelbase yang lebih panjang 55 mm. Namun menariknya, panjang total bodi justru berkurang 36 mm. Ini membuat roda terlihat lebih dekat ke bumper.

Dipadu wheel track lebih lebar, depan 16 mm dan belakang 27 mm lebih lebar, ini diyakini rahasia handling yang lebih mantap dan kestabilan tinggi All New Accord.

Tinggi bodi pun turun 15 mm namun lebarnya bertambah 12 mm. Berkat wheelbase yang melar juga, begitu KabarOto masuk kabin, leg room belakang bertambah lapang 48 mm. Bikin duduk di belakang jauh lebih lega.

Efek lainnya, kapasitas bagasi ikutan bertambah. Kalau generasi sebelumnya di kisaran 450 liter, kini kapasitasnya jadi 573 liter. Cukup untuk menaruh 4 tas golf berukuran besar!

Baca juga: Profil - All New Honda Brio 2018

Kuncian lain adalah bobotnya yang kini lebih ringan 81 kg. Lebih dari 60% bodi generasi terbaru Accord ini pakai Super High-Strength Steel yang lebih kuat 15%, dengan perekat terbaru yang baru digunakan Honda untuk wilayah Asia dan Oceania. Alhasil, rigiditas bodi pun bertambah demi kenikmatan berkendara.