Menkeu: PPnBM 0 Persen Mobil 2.500 Cc Tahap Finalisasi

Menkeu: PPnBM 0 Persen Mobil 2.500 cc Tahap Finalisasi

KabarOto.com - Insentif Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PPnBM) sudah diberlakukan untuk mobil dengan kapasitas mesin 1.500 cc. Rencananya, Pemerintah akan memperluas, mobil bermesin 2.500 cc rencananya akan mendapat insentif tersebut.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Kemenkeu baru bisa mengumumkan insentif berupa pajak ditanggung pemerintah (DTP) tersebut bila Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) sudah selesai dibuat. Saat ini sedang dalam proses finalisasi.

Baca Juga: Toyota Belum Mau Tanggapi Soal PPnBM 0 Persen Untuk Mesin 2.500 Cc

"PMK untuk PPnBM 2.500 cc saat ini sedang dalam proses finalisasi, bisa mulai berlaku April," terangnya saat jumpa pers, vuirtual, Selasa (23/3). Terutama menurut dia, yang di atas 1.500 cc sampai 2.500 cc. Nanti akan kita umumkan begitu selesai PMK-nya," tambah Sri Mulyani.

Mobil mesin di atas 2.000 cc

Sri Mulyani juga mengatakan, alasan mobil dengan mesin 2.500 cc ini mendapat insentif atas arahan Presiden Joko Widodo. Selain itu, ada tipe mobil mesin tersebut yang sudah memenuhi unsur Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Kemarin saya mendapat arahan juga dari Bapak Presiden untuk menyampaikan, kalau dilihat yang memang di atas 1.500 cc asalkan TKDN-nya 70%. Mungkin kita bisa pertimbangkan," tambahnya.

Karena itu, Kemenkeu sedang menyusun aturan perluasan diskon pajak hingga kelas 2.500cc. "Jadi, ini kita sedang melakukan penyempurnaan hal itu asalkan TKDN nya 70% bisa sampai ke 2.500 cc," paparnya.

Baca Juga: Harga Mitsubishi Xpander Bekas Pasca PPnBM 0 Persen, Masih Tinggi

"Yang nanti mengangkat isu, mengenai beberapa permintaan terhadap mobil di atas 1.500 cc di dalam relaksasi PPnBM yang diberikan," tambah Sri Mulyani.