Menkeu Resmi Perpanjang PPnBM 0 Persen Sampai Agustus 2021

Menkeu Resmi Perpanjang PPnBM 0 Persen Sampai Agustus 2021 Mitsubishi XPander salah satu MPV yang mendapat insentif pajak 100 persen

KabarOto.com - Relaksasi PPnBM 0 persen yang diberlakukan pada Maret 2021 lalu membuat industri otomotif kembali bangkit. Diskon pajak 100% untuk mobil berkapasitas mesin 1.500 cc ini, membuat Agen Pemegang Merek (APM) kewalahan mmenuhi permintaan konsumen.

Wacana untuk memperpanjang PPnBM 0 persen pun kembali dilontarkan oleh Menteri Perindustrian didukung Menko Perekonomian. Akhirnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani pun resmi memperpanjang PPnBM ini sampai Agustus 2021. Mobil-mobil yang mendapatkan keringanan pajak ini masih sama seperti periode lalu pada Maret-Mei 2021.

Baca Juga: Penjualan Mobil Bekas Tak Terdampak Perpanjangan PPnBM 0 Persen

Salah satu produk yang mendapatkan PPnBM 0 persen

"Untuk PPnBM DTP otomotif diskon 100 persen juga kita perpanjang sampai Agustus untuk mobil bermesin 1.500 cc," jelas Menkeu, dalam konferensi pers APBN KITA, yang tayang di channel YouTube Kementerian Keuangan.

Sri Mulyani menyatakan, pemberian insentif ini untuk membangkitkan sektor ekonomi. Dia berharap, kebijakan ini bisa dimanfaatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya.
"Sekali lagi ini adalah insentif agar sektor ekonominya bangkit, masyarakat juga mulai menggunakan resources-nya untuk konsumsi, terutama kelompok menengah atas," tambah Menkeu.

Baca Juga: Diperpanjang, Diskon PPnBM 100 Persen Ditanggung Pemerintah Hingga Agustus 2021

Perpanjangan insentif PPnBM 100% tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.010/2021 tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak, yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.