POPULAR STORIES

Menolak Tua Nissan Skyline GTX Makin Galak

Menolak Tua Nissan Skyline GTX Makin Galak Sumber : Super Street

KabarOto.com – Nissan Skyline GTR memang jadi salah satu ikon mobil JDM kencang sejak dulu. Sampai-sampai pada generasi R32, mobil tersebut dijuluki ‘Godzilla’ yang mengalahkan rivalnya diajang balap.

Namun, sebelum julukan sangar teresebut melekat pada dirinya, masih ada generasi sebelumnya yang bernama Skyline GTX. Namun, walau sudah sangat tua untuk sebuah mobil, Shunsuke Matsutani tidak memandang hal tersebut sebagai kekurangan. Dan malah menjadikannya sebagai jet darat mengerikan bagi lawan-lawannya.

Hal pertama yang dilakukannya adalah merestorasi seluruh bagian mobil, mulai dari sasis, hingga baluran cat warna putih, menyegarkan kembali tampilan seperti baru. Karena saat pertama kali Matsutani melihat mobil ini, kondisinya bisa dibilang mengenaskan akibat kecelakaan di trek. Namun melihat potensinya cukup besar, akhirnya ia membeli apa adanya dan memfokuskan agar mobil ini bisa kembali melibas Sirkuit Suzuka, Jepang.

Baca Juga : Ketika Nissan GT-R Kena Modifikasi Audio Di GIIAS 2019

Meskipun lansiran 1972, tampilannya sudah masuk kategori tua namun diupayakan untuk tetap update seperti penggunaan aero kit. Penambahan meliputi bagian lips splitter depan, over fender 4 sisi, serta ducktail.

Karena diperuntukan untuk sirkuit, makanya bagian lampu juga dibuat seadanya saja, sebab beralih fungsi jadi lubang udara ke mesin. Asiknya lagi, terdapat oil cooler terpampang jelas pada bumper depan, selain mendinginkan oli, tampilannya juga dipengaruhi makin keren.

Lalu sektor kaki-kakinya, pelek menggunakan garapan Watanabe warna hitam doff ukuran 15 inci, dengan lebar 9 depan dan 10 belakang. Berbalut ban kompetisi Toyo R888R ukuran 205/50 R15 dan belakang 225/50 R15 yang lebih grip saat di trek. Lalu asiknya lagi, ada suspensi dari Number7 Racing Product.

Yang lebih menarik ada pada balik kap mesin nih, karena sudah di swap engine menggunakan mesin Nissan L28 dan sudah di-boreup jadi 3.000 cc, sementara tenaganya adalah 240 dk. Sebab sejatinya mesin GTR C10 adalah berkode S20 berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga mencapai 160 dk dan torsi maksimal 177 Nm.

Hasilnya performa meningkat drastis, maka dari itu harus ada perubahan internal mesin seperti piston 89.5 mm, lalu ada 77G camshafts, 46 mm intake dan 38 mm exhaust valves. Dan demi mendapat pasokan udara baik, ada Mikuni Solex karburator. Serta front strutbar berbahan karbon fiber agar handling jauh lebih rigid.

Lanjut ke ruang kabin, memang layaknya mobil balap, banyak panel ditinggalkan agar mereduksi bobot mobil. Namun secara keseluruhan mobilnya sangat rapi, lihat saja warna putih dasar juga masih mengkilap seperti mobil baru.

Lalu jok sudah bucket seat model Bride Gardis, lalu ada penggantian steer menggunakan Number7 Racing Harness, Grip Royal steering wheel, lalu ada lantai pijakan besi dan custom tuas persneling.

Tekad dari sang owner juga sangat besar untuk menjalan sang Skyline GTX di sirkuit Suzuka. Bahkan mimpinya adalah menjadikan mobil ini sebagai tercepat di Sirkuit Suzuka.