POPULAR STORIES

Menperin Minta Industri Otomotif Tingkatkan Kandungan Produk Lokal

Menperin Minta Industri Otomotif Tingkatkan Kandungan Produk Lokal Ilustrasi (PT HMID)

KabarOto.com - Masih banyak tantangan yang dihadapi oleh industri otomotif Indonesia. Di antaranya terkait ketersediaan bahan baku, kekurangan cip semi-konduktor, logistik dan transportasi, serta biaya energi tinggi.

Untuk mengatasi tantangan itu, Kementerian Perindustrian mendorong perusahaan untuk mengembangkan sayap guna menjangkau pasar-pasar baru, menguatkan inovasi, serta meningkatkan anggaran Research & Development (R&D) meningkatkan kandungan produk lokal.

Baca juga: Kemenperin: Piaggio Bangun Pabrik Di Cikarang, Indonesia Jadi Pusat Ekspor Vespa

“Bapak Menteri Perindustrian juga meminta komitmen para pelaku industri otomotif untuk meningkatkan kandungan produk lokal, baik suku cadang maupun komponen, dalam proses manufaktur,” ujar Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin R Hendro Martono dikutip Antara, Selasa (31/1).

Hal-hal tersebut akan menjadi basis bagi Kemenperin dalam memperjuangkan insentif untuk industri otomotif. “Inovasi serta ketersediaan bahan baku merupakan kunci bagi masa depan industri otomotif,” ujarnya.

Ilustrasi pabrik perakitan mobil (PT MMKSI)

Di samping itu Kemenperin dan para stakeholder terus berupaya memastikan bahwa proses produksi industri otomotif dapat berjalan dengan baik, termasuk dalam hal ketersediaan bahan baku.

Ia juga menekankan perlunya integrasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam pasokan dan produksi bagi industri yang lebih besar. Kemenperin, lanjutnya, berkomitmen untuk terus pertumbuhan dan pengintegrasian IKM ke dalam produksi global dan rantai pasokan industri otomotif.

Baca juga: Bentuk Dukungan Kemenperin Majukan Industri Otomotif Lokal

“Kemitraan antara industri besar dan industri kecil ini diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang hebat,” imbuhnya.