POPULAR STORIES

Menuju Sirkuit Mandalika Bawa Mobil Sendiri, Ini Paduannya

Menuju Sirkuit Mandalika Bawa Mobil Sendiri, Ini Paduannya

KabarOto.com - Geliat MotoGP Mandalika yang berlangsung di Lombok, Indonesia, sudah terasa kuat. Ribuan warga lokal dan mancanegara dilaporkan sudah mendarat di Lombok sejak Kamis kemarin (17/03). Menggunakan penerbangan dari berbagai daerah, mayoritas dari Jakarta jika merupakan warga negara asing.

Namun, tahukah jika ada cara lain yang menarik menuju Lombok tempat Sirkuit Mandalika berada? Yup, kali ini melalui akses jalan darat, menggunakan kendaraan roda empat. Akses menuju lokasi tujuan kini sudah mudah, hanya menggunakan jalan Tol dari Jakarta hingga Probolinggo kemudian sambung dengan menggunakan jalan raya provinsi.

Balapan MotoGP yang bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia akan berlangsung mulai 18 hingga 20 Maret mendatang, akses menggunakan jalan raya dengan kendaraan roda empat akan KabarOto jabarkan. Selain menarik, perjalanan darat ini memberikan petualangan tersendiri.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Sirkuit Mandalika

Menuju Probolinggo, full menggunakan jalan tol dari Jakarta

Perjalanan dimulai dari Jakarta dengan menggunakan jalan Tol, anda harus mempersiapkan dana di E-Toll minimal sejumlah Rp 800.000 untuk sekali jalan. Karena dari Jakarta menuju Probolinggo menghabiskan biaya tol sekitar Rp 789.500 ribu sekali jalan dari jakarta dengan jarak 820 km dan waktu tempuh mencapai 9 jam.

Berangkat dari Jakarta diusahakan di bawah jam 06.00 pagi, karena lalulintas jalan tol Jakarta agak padat jika sudah di atas jam 06.00 pagi. Selama perjalanan dengan menggunakan jalan tol ini, terdapat banyak rest area. Anda bisa mampir di rest area tersebut untuk mengisi bahan bakar, beribadah, istirahat dan makan.

Tiba di Probolinggo kondisi menjelang malam hari sehingga bisa beristirahat, dikondisikan selama perjalanan beristirahat di rest area selama 3 kali. Karena jalan tol saat ini baru sampai Probolinggo, untuk menuju Banyuwangi masih dalam tahap pembangunan.

Mengapa disarankan beristirahat dan bermalam di Probolinggo?

Karena dari keluar pintu tol Probolinggo hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur dibutuhkan waktu perjalanan hampir 5 jam dengan jarak 206 km. Selanjutnya ketika tiba di Pelabuhan Ketapang, membayar biaya menyebrang dengan kapal Feri sekitar Rp 135.000 untuk satu unit kendaraan, lama penyebrangan mencapai 45 menit sudah termasuk pemeriksaan surat kendaraan dan KTP begitu tiba di Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Baca juga: 70 Peserta Ride To Mandalika Berangkat Ke Lombok

Kapal penyebrangan saat di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi

Kemudian perjalanan dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Padang Bai ditempuh sejauh 157 km dengan lama perjalanan hampir 4 jam (3 jam 53 menit). Sepanjang perjalanan dari Gilimanuk menuju Padang Bai ini disajikan pemandangan khas kawasan Bali, hamparan sawah, bangunan beraksitektur gaya Bali dan Pura.

Jalan berkelok dengan aspal mulus, oh iya jika ingin menikmati pangan ayam Betutu khas Bali bisa membelinya saat tiba di Pelabuhan Gilimanuk, posisinya ada sekitar 300 meter dari pintu keluar pelabuhan. Posisi ayam Betutu berada di dalam bekas terminal angkutan, di sana rata-rata warung menyediakan pangan ayam Betutu.

Ok lanjut, perjalanan menuju Padang Bai juga harus berhati-hati karena banyak kendaraan roda dua. Di sini selain kita harus lebih hati-hati juga waspada dari berlawanan kendaraan besar seperti truk dan bus. Tiba di Padang Bai sebaiknya anda menyiapkan perbekalan, karena lama penyebrangan dari Padang bai menuju Pelabuhan Lembar, Lombok, membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 6 jam tergantung dari kondisi cuaca.

Untuk biaya penyebrangan sekitar Rp 917.000 (kendaraan roda empat panjang maksimal 5 meter), penumpang dewasa Rp 46.000 perorang dan anak-anak dikenakan Rp 29.000 perorang.

Baca juga: Jadwal Lengkap MotoGP Mandalika 2022

Suasana jalan menuju Pada Bai di Bali

Setelah tiba di Pelabuhan Lembar, perjalanan menuju Sirkuit Mandalika sejauh 51,7 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Kondisi jalan di Lombok lebih bagus, jalanan aspal mulus dan lebar memberikan kepuasan tersendiri setelah perjalanan panjang dari Jakarta.

Banyak hotel bintang 3 hingga 4 berada di Lombok, tinggal anda menyesuaikan budget dan kondisi yang cocok. Oh iya, lama perjalanan bisa mencapai 2 hari dari Jakarta menuju Lombok dengan estimasi sekali bermalam di Probolinggo.

Semoga bermanfaat dan selamat menikmati Lombok!