POPULAR STORIES

5 Fakta Menarik Sirkuit Mandalika

5 Fakta Menarik Sirkuit Mandalika Sirkuit Mandalika (Foto: istimewa)

KabarOto.com - Sirkut Mandalika akan menggelar balapan MotoGP seri kedua tahun 2022. Ini akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan bagi penggemar MotoGP di Indonesia, untuk menyaksikan langsung balapan motor paling bergengsi di dunia.

Menariknya, pembangunan Sirkuit Mandalika ini menyimpan banyak fakta unik yang perlu diketahui. Penasaran?

1. Nama Mandalika Terinspirasi dari tokoh legenda

Sirkuit Mandalika dibangun di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Nama sirkuit ini terinspirasi dari legenda tokoh Suku Sasak bernama Putri Mandalika yang sangat erat hubungannya dengan masyarakat setempat, dan diabadikan dengan upacara Bau Nyale.

Baca Juga : Ini Alasan Balapan MotoGP Mandalika Berlangsung Selama 27 Lap

2. Ciri khas desain motif batik

Sebagai ciri khas, Sirkuit Mandalika mempunyai gambar motif batik di lintasan run-off tikungan ke-15 dan 16. Lebih tepatnya, motif batik terinspirasi dari kain tenun ikat khas Suku Sasak (Lombok) dengan warna cat merah dan putih.

3. Pemandangan indah di sekitar sirkuit

Lombok, Nusa Tenggara Barat dikenal dengan pemandangan yang indah. Di sekitar Sirkuit Mandalika, terdapat lukisan alam berupa pantai-pantai indah.

Selama ini Lombok, NTB dikenal sebagai Bali kedua di Indonesia karena menawarkan pemandangan yang indah. Di sekitar Sirkuit Mandalika, tersaji Catat saja, Pantai Seger, Pantai Gerupuk, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Kuta Mandalika yang menjadi destinasi wisata menarik.

Baca Juga : Demi Keselamatan MotoGP 2022, Komisi Grand Prix Ubah Aturan Bendera Dan Teknis

4. Aspal Stone Mastic Asphalt (SMA)

Beberapa pembalap mengaku trek Sirkuit Mandalika cukup baik dan memuaskan. Aspal ini memiliki daya penetrasi tinggi yang memungkinkan pembalap bisa melaju dengan kencang dan meminimalisir kecelakaan saat lintasan basah. Teknologi ini telah diterapkan oleh tiga sirkuit lainnya yang seperti yang ada di Inggris, Abu Dhabi, dan Australia.

5. Toprak Razgatlioglu raih juara dunia

Sebelum menggelar balap MotoGP, Sirkuit Mandalika sukses menggelar kejuaraan WSBK, 19-21 November 2021. Di Mana, Toprak Razgatlioglu memastikan gelar juara dunia Superbike. Sekaligus meruntuhkan dominasi Jonathan Rea.