POPULAR STORIES

Mercedes-AMG C 43 Sedan Andalkan Turbo Listrik

Mercedes-AMG C 43 Sedan Andalkan Turbo Listrik Mercedes-AMG C 43 Sedan (Foto: Mercedes-AMG)

KabarOto.com - Mercedes-AMG C 43 Sedan menjadi tawaran menyegarkan bagi para penggemar mobil lincah dengan serapan teknologi Formula 1 dan solusi berkendara inovatif. Selain itu pasca peluncuran global Mercedes-AMG SL 43, akan gunakan mesin sama buatan tangan AMG M139l, disematkan produksi pertama berfitur electric exhaust-gas turbocharger.

Tetap memegang prinsip “One Man, One Engine”, mesin tersebut dibuat khusus oleh Mercedes-AMG. Kemampuan terobosan turbocharger memastikan tetap spontan hadirkan performa di berbagai putaran mesin dan pengalaman berkendara lebih dinamis. Turbocharger dioperasikan gunakan sistem elektrik 48-volt, termasuk menggerakkan starter generator (RSG).

Baca juga: Mercedes-AMG GT Track Series, Edisi Perayaan Khusus

“One Man, One Engine” khusus Mercedes-AMG

Di atas kertas, mesin empat silinder berkapasitas 1.991 cc yang diusung oleh AMG C 43 Sedan suguhkan tenaga 402 dk pada 6.750 rpm dan torsi 500 Nm pada 5.000 rpm. Adanya RSG membuat tambahan sentakan tenaga 13 dk, diyakini sebagai mild-hybrid membantu mendorong laju awal kendaraan. Kemampuan laju 0-96 kpj bisa raih 4,6 detik dan kecepatan tertinggi dibatasi 250 kpj. Andai gunakan pilihan pelek 19-20 inci, laju bisa meningkat hingga 265 kpj.

Tak ketinggalan sigapnya laju AMG C 43 Sedan dibantu oleh transmisi AMG Speedshift MCT 9G (MCT= Multi-Clutch Transmission). Membuat bobot lebih ringan dan respon lebih baik di pedal akselerator, terutama saat injak penuh pedal gas dan penambahan bobot mobil. Adanya software khusus juga membuat perpindahan jadi lebih singkat, termasuk memindahkan gigi ke yang lebih rendah.

Manuver kian lincah, ban belakang bisa menikung 2,50

Mode berkendara “Sport” dan “Sport+” membuat pengendara lebih terpancing adrenalinnya saat melesatkan AMG C 43 Sedan. Selain itu ada pula fungsi Race Start, membuat akselerasi terasa lebih bergegas mulai dari posisi diam. Tak ketinggalan bagi yang ingin lebih irit dalam penggunaan bahan bakar, ada mode ECO start/stop yang secara otomatis mengaktifkan program “Comfort”, sedangkan fungsi “Glide” bisa pula mengaktifkan mode “Individual”.

Suara mobil bisa diatur agar bisa menyesuaikan dengan atmosfer berkendara. Berkat katuo di ujung pipa gas buang, membuat mobil bisa melaju lebih senyap di wilayah perumahan padat penduduk. Tapi bila ingin lebih galak suaranya, katup bisa dibuka, disebut sebagai fitur AMG Real Performance Sound.

AMG Performance 4Matic berikan distribusi performa 31-69%

Distribusi performa ke roda depan dan belakang berkat AMG Performance 4Matic sebagai penggerak permanen empat rodanya, disalurkan 31% untuk roda depan dan belakang dikerahkan 69%. Ditambah kenyamanan berkendara AMG Ride Control, berupa suspensi pegas baja dengan Adaptive Damping System. Selain lebih lincah saat bermanuver dan tetap nyaman ketika dilajukan jarak jauh.

Oh iya Sob, roda belakang juga dapat berubah sudutnya hingga 2,50, ketika diajak bermanuver di kecepatan 50 kpj. Berkat jarak sumbu roda yang pendek hanya 2.865 mm membuat manuver lebih lincah dan menghadirkan radius putar lebih baik, hanya 11,9 meter. Dimensi ini memiliki panjang 4.790 mm, lebar 1.823 mm, dan tinggi 1.450 mm.

Detail khusus Mercedes-AMG

Mendukung sistem pengereman sebagai peningkat kepercayaan diri berkendara, AMG C 43 Sedan ini memakai kaliper kelir silver dan hitam bertuliskan “AMG”. Cakram berventilasi untuk depan berukuran 370 mm setebal 36 mm diapit empat piston kaliper. Sedangkan untuk belakang gunakan cakram 320 mm setebal 24 mm dikawal kaliper model floating.

Menandakan sebagai mobil racikan Mercedes-AMG sejati, ada beberapa tatanan di eksterior, termasuk gril radiator khusus AMG dengan bentuk chrome vertikal, bumper depan ada air flics, kisi udara sporty dan elemen chrome, disesuaikan dengan panel samping. Bumper ada gaya diffuser dan pipa gas buang ganda. Standar peleknya ukuran 18 inci dibalut ban 245/45 ZR 18.

Baca juga: Perayaan Ke-55 Tahun, Edisi Khusus Mercedes-AMG A35 Dan CLA 35 Meluncur

Layar besar menghiasi ruang kokpit didukung MBUX

Melirik interior, ada jok khusus dari AMG diberi balutan bahan material hitam MB-tex/Microfiber dipertegas dengan jahitan kontras merah dan sabuk pengaman merah menjadikan lebih sporty. Lingkar kemudi juga model flat-bottom suguhan AMG Performance dibalut kulit Nappa untuk menjamin cengkeraman pengendara. Paddle shift transmisinya dberi kelir silver alumunium.

Detail sporty dihadirkan di Mercedes-AMG C 43 Sedan

Infotainment berfitur MBUX dengan fungsi dan tampilan bisa disesuaikan selera pengendara. Instrumen cluster diberikan ukuran 12,3 inci dan layar sentuh di dasbor berukuran 11,9 inci dan pilihan Head-Up Display. AMG Track Pace merupakan data penyimpanan pilihan ketika dipakai di lintasan balap. Peranti lunak ini akan merekam lebih dari 80 data spesifik mulai dari kecepatan, akselerasi, sudut kemudi dan operasional pedal rem yang sepuluh kali lebih cepat perdetik berbanding berkendara biasa.

Ada pilihan Estate

Berita Terkait

Berita Terkait