Mercedes-AMG GT2 Siap Ramaikan Program AMG Customer Racing

Mercedes-AMG GT2 Siap Ramaikan Program AMG Customer Racing Foto: Netcarshow

KabarOto.com - Mercedes-AMG GmbH terus memperluas program balap untuk para pelanggannya (AMG Customer Racing), pada musim 2023 model GT2 akan melengkapi armada mobil GT3 dan GT4 yang sukses dari pabrikan asal Affalterbach, Jerman. Mercedes-AMG GT2 baru adalah mobil balap homolog paling kuat dalam sejarah program olahraga pelanggan selama 12 tahun.

GT2 menawarkan tingkat keamanan yang sangat tinggi dari mobil balap AMG dan hadir dengan banyak teknologi balap baru. Akibatnya, versi GT2 menonjol sebagai paket keseluruhan yang menarik khususnya bagi pengemudi amatir yang ambisius. Dengan hadirnya model baru, Mercedes-AMG menggarisbawahi ambisinya untuk mengambil peran terdepan dalam kompetisi GT2 internasional.

Baca juga: Mercedes-AMG S63 E Performance, Sedan Mewah Paling Bertenaga

Dengan Mercedes-AMG GT2 menjembatani kesenjangan antara Mercedes-AMG GT3 dan Mercedes-AMG GT4. Sementara GT3 semakin dipacu oleh pembalap profesional dan GT4 terutama menandai masuknya ke dunia balap GT, GT2 secara khusus ditujukan untuk kelompok pengemudi pria. Bagi mereka, dengan peraturan GT2 yang diperkenalkan pada 2020, Stéphane Ratel Organization (SRO) telah menciptakan platform yang menarik dengan semakin banyak acara balapan internasional.

Fitur luar biasa dari Mercedes-AMG GT2 baru adalah tingkat performa maksimumnya, tenaga maksimal mencapai 707 dk. Sumber tenaga tersebut adalah mesin AMG V8 biturbo 4.000 cc, tenaga disalurkan melalui transmisi yang dirancang khusus balap dengan 6 kecepatan berurutan dengan rasio roda gigi yang dimodifikasi. Seperti pada semua model GT, girboks dipasang di gandar belakang dalam konfigurasi transaxle dan dihubungkan ke mesin dengan tabung torsi karbon, torsi, dan torsi kaku.

Suspensi menggunakan rancangan khusus untuk ajang motorsport, dapat dikonfigurasi secara komprehensif dan anti-roll bar yang dapat disesuaikan.

Eksterior Mercedes-AMG GT2 menggunakan bahasa desain ekspresif, mulai dari bagian depan yang lebar dengan lubang masuk udara (air dam) yang besar hingga bagian belakang yang kekar, setiap detail ditujukan untuk performa. Kap karbon memiliki saluran keluar udara yang besar dan apa yang disebut kisi-kisi juga memengaruhi kinerja aerodinamis telah diintegrasikan ke dalam sayap karbon kecil (lips) dibumper depan.

Sorotan aerodinamis lebih lanjut dari Mercedes-AMG GT2 adalah sayap belakang yang sepenuhnya baru dikembangkan, ditopang oleh dudukan leher angsa yang khas. Sayap satu tingkat yang besar multi-penyesuaian dan secara signifikan memberikan kontribusi untuk penanganan yang tepat. Seperti biasa untuk mobil AMG Customer Racing, versi GT2 juga menonjol karena handling yang andal.

Baca juga: Hypercar Mercedes-AMG One Pecahkan Rekor Nurburgring

Akibatnya, pengemudi yang kurang berpengalaman juga dapat dengan cepat membangun kepercayaan diri. Perkembangan baru yang penting untuk penggunaan kompetisi adalah pemasangan roda: Mercedes-AMG GT2 memiliki sistem pemasangan roda tengah yang inovatif. Hal ini memungkinkan perubahan yang lebih cepat dan andal pada pelek ringan AMG 18 inci.

Ergonomi balap fungsional berlaku di kokpit Mercedes-AMG GT2. DDU (Digital Display Unit) generasi terbaru merupakan inovasi di bidang pandang tengah pengemudi. Sistem dasbor yang dapat diprogram sepenuhnya memiliki tampilan grafik beresolusi tinggi.

Ini membuatnya intuitif untuk dioperasikan dan sangat ramah pengguna. Kebaruan eksklusif lainnya adalah setir multi-fungsi baru, yang dikembangkan Mercedes-AMG bersama dengan pakar balap sim di Cube Controls. Ini menawarkan tingkat ergonomi, fungsionalitas, dan kontrol baru.

Untuk memastikan perlindungan penumpang yang optimal, Mercedes-AMG GT2 menggunakan konsep keselamatan perintis yang juga telah dimasukkan ke dalam GT3 dan GT4. Ini termasuk, antara lain, sistem bantuan pengemudi khusus balap seperti kontrol traksi multi-penyesuaian atau ABS balap generasi terbaru.

Bagian dalam kendaraan dilindungi oleh roll-cage baja yang dibaut ke rangka ruang aluminium. Sel keselamatan pengemudi karbon mencakup sabuk pengaman enam titik dan busa kursi ergonomis yang dapat disesuaikan. Jaring pengaman, pintu keluar di atap, tangki bahan bakar pengaman karbon, dan sistem pemadam kebakaran motorsport yang kuat melengkapi fitur keselamatan komprehensif Mercedes-AMG GT2.

Pelanggan akan menerima Mercedes-AMG GT2 yang sudah siap dipacu. Mobil baru tersebut akan menjalani pengujian komprehensif dalam beberapa pekan mendatang, antara lain di sirkuit-sirkuit GT2 European Series musim mendatang. Di samping berbagai tes balapan, tes ketahanan dalam kondisi balapan juga direncanakan.

Baca juga: Mercedes-AMG C63 SE Performance F1 Edition Hanya 1 Tahun Produksi

Tim yang menggunakan Mercedes-AMG GT2 dapat menikmati dukungan penuh dari program Customer Racing Mercedes-AMG di seluruh dunia. Seperti model GT3 dan GT4, dukungan teknis dijamin dari ahli motorsport di HWA AG. Sebagai mitra pengembangan dan produksi Mercedes-AMG, HWA AG melakukan semua pemeliharaan dan perombakan. Penjualan Mercedes-AMG GT2 akan dimulai pada musim motorsport 2023.

“Mercedes-AMG GT2 adalah tonggak sejarah lainnya dalam program Customer Racing kami. Oleh karena itu, kami menekankan sekali lagi komitmen kami terhadap balap GT dan semakin memperluas keterlibatan kami dengan memasuki segmen baru dalam balap GT. Segmen GT3 menjadi semakin profesional dan GT4 telah ditetapkan sebagai kategori entry-level, kami membuka peluang baru dengan Mercedes-AMG GT2," ungkap Christoph Sagemüller, Kepala Mercedes-AMG Motorsport.

Ia juga menambahkan, bahwa hasilnya mereka menjangkau lebih banyak pelanggan dan oleh karena itu menawarkan kualitas tinggi dan dukungan komprehensif dari program Customer Racing kepada pihak yang berkepentingan di segmen GT2 juga. Seri balapan untuk kategori kendaraan ini telah mengalami peningkatan jangkauan dan relevansi yang signifikan dalam dua tahun terakhir. Di pasar yang berkembang secara dinamis ini, mereka hadir dengan Mercedes-AMG GT2 sebagai produk dengan menarik dan sekali lagi membuktikan potensi performa merek Mercedes-AMG.

"Mercedes-AMG GT2 menggabungkan seluruh pengalaman kami yang telah kami peroleh selama beberapa tahun terakhir dalam aktivitas Customer Racing kami yang sukses. Di samping fitur GT3 dan GT4 yang telah terbukti, kami juga telah mengintegrasikan teknologi balap yang sepenuhnya baru, yang dikembangkan khusus untuk GT2. Saya sangat senang bahwa kami sekarang dapat menawarkan produk terbaik bersama dengan aktivitas dukungan maksimal kami untuk tim pelanggan di segmen yang sedang berkembang ini juga," tutup Stefan Wendl, Kepala Balap Pelanggan Mercedes-AMG