Mercedes-AMG GT3 Edition 55 Tak Terbatas Homologasi FIA

Mercedes-AMG GT3 Edition 55 Tak Terbatas Homologasi FIA Dok : Mercedes-AMG

KabarOto.com – Mercedes-Benz beberapa waktu lalu telah memperkenalkan model Edition 55, untuk merayakan 55 tahun AMG didirikan. Model tersebut hadir di beberapa tipe seperti G63 Edition 55, A35, CLA35, CLA45, dan GLE Edition 55.

Mercedes-Benz secara resmi merilis Mercedes AMG GT3 Edition 55, diperuntukkan penggunaan di trek. Ada beberapa perbedaan ketimbang biasanya, mobil ini dibalur warna Alpine Grey Uni dan aksen merah. Serta ada lambang Affalterbach di pintu, dan logo ulang tahun ke-55 di sayap belakang membuat kesan eksklusif.

Lalu disematkan pula aerokit tambahan lips spoiler depan, canard, kisi-kisi radiator, side skirt, diffuser belakang, hingga spoiler belakang yang ukurannya cukup besar, tujuannya demi memberi efek downforce maksimal saat kecepatan tinggi. Semua komponen mendapat finishing karbon matte.

Baca Juga : Mercedes EQS Racikan Brabus Lebih Dinamis

Soal mesin, karena Edition 55 tidak dihomologasikan oleh FIA, maka Mercedes-AMG bebas menambah tenaga di mesin V8 naturally aspirated. Sekarang, kapasitas mesin lebih besar ketimbang standarnya yakni 6.300 cc, menghasilkan 641 dk. Namun, jika berniat untuk balapan, ditawarkan juga dengan spesifikasi disetujui oleh FIA.

Interior tentu sudah cukup banyak ubahan supaya pembalap bisa lebih fokus di trek. Mulai dari rollcage komplet, semua panel diganti serat karbon agar enteng. Lalu jok balap dihiasi logo 55 berwarna merah, dan emblem dengan ukiran bertulis “Edition 55 - 1 dari 5".

Baca juga: Speaker Premium Mirip Bagian Mercedes-AMG GT

Spidometer juga diganti menggunakan Data Display Unit (DDU) generasi terbaru dari Bosch DDU 11, hadir dengan grafis resolusi tinggi untuk menampilkan informasi seperti kecepatan, rpm mesin, suhu, waktu putaran, indikasi gigi dan perpindahan gigi. Serta ada tombol pengaturan lainnya di konsol tengah.

Selain itu mobil ini hadir dengan jam IWC Schaffhausen Edition 55, yang berisi Pilot's Watch Chronograph Edition AMG. Terbuat dari titanium grade 5, dan nomor sasis mobil terukir di dalamnya. Nantinya AMG GT3 Edition 55 hanya dibuat 5 unit, dan dibanderol US$ 620.000 atau sekitar Rp 9 miliar.