Mercedes-AMG Petronas Kenalkan W12, Siap Pertahankan Gelar Juara Konstruktor

Mercedes-AMG Petronas Kenalkan W12, Siap Pertahankan Gelar Juara Konstruktor

KabarOto.com - Mercedes-AMG Petronas resmi meluncurkan mobil balap terbarunya yang akan dikendarai Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Diberi nama W12, ini akan jadi senjata andalan tim dalam upaya merebut gelar juara konstruktor berikutnya.

Hanya 12 minggu setelah musim Formula 1 2020 berakhir, Tim Formula 1 Mercedes-AMG Petronas secara resmi mengumumkan mobil balapnya untuk musim 2021.

Dari segi livery, W12 masih mempertahankan warna dasar hitam seperti W11. Bukan tanpa alasan, warna hitam digunakan sejak awal musim lalu sebagai pesan anti-rasisme. Dengan corak aksen dan garis warna hijau Petronas di bagian sayap depan, sisi samping, dan spoiler.

Baca juga: Max Verstappen Rilis Helm 2021, Begini Detailnya

Namun, tim mengganti motif bintang pada penutup mesin dengan serangkaian logo AMG berwarna silver menandakan Silver Arrows. Serta ada silhouette nomor pembalap, dan detil warna merah sebagai warna identitas sponsor INEOS.

Soal bentuk, W12 tidak jauh berbeda dibandingkan pendahulunya, W11. Namun ada beberapa ubahan sedikit dimana lekukan bodi terlihat lebih ramping, serta bagian lantai sudah didesain sesuai regulasi terbaru.

“Saya senang dengan livery mobil tahun ini. Livery hitam telah menjadi warna ikonik, dan kami sangat bangga dengan desainnya. Livery tahun ini masih sama seperti musim lalu. Tetapi ada corak silver tersemat di mobil, menandakan Silver Arrow, yang merupakan warisan kami. Dan kami bangga membawa warna tersebut,” ujar kepala tim, Toto Wolff.

Baca juga : Antonio Giovinazzi Pamerkan Helm Baru

Jantung mekanisnya mengandalkan mesin Mercedes E Performance, tidak banyak ubahan karena mesin ini dianggap cukup kompetitif. Terbukti pada tahun lalu berhasil menjadi membawa tim menjadi juara konstruktor, dan menjalani balapan dengan mendominasi.

E Performance adalah label teknologi baru yang akan digunakan dalam nama dan produk pada semua mobil hybrid performa Mercedes-AMG yang akan datang, menampilkan teknologi kaskade langsung dari F1 yang merupakan karya Mercedes-AMG di Brixworth, Inggris.