POPULAR STORIES

Mercedes-AMG Petronas Siap Tebar Ancaman Lagi Di Musim 2019

Mercedes-AMG Petronas Siap Tebar Ancaman Lagi di Musim 2019

Kabaroto.com – Mercedes-AMG Petronas Motorsport akhirnya memunculkan mobil baru andalannya untuk musim 2019. Mobil tersebut baru diperlihatkan pada 13 Februari lalu pada website resmi Formula 1. Mercedes hadir dengan kode bodi baru yaitu W10.

Beberapa penyesuaian bodi juga dilakukan pada mobil ini, dengan sayap pada bagian depan memiliki 5 buah sirip. Lalu untuk lubang angin pada bodi tengah dibuat lebih mengecil ketimbang W09. Dari bodi yang lebih kecil, aerodinamika juga dibantu oleh winglet yang membesar. Sisanya masih sama dengan bentuk W09.

Baca juga: Williams Optimis Jalani Musim Balap 2019

Untuk pengunaan livery baru, Mercedes sepertinya tidak mau menggunakan warna terlalu gelap seperti musim lalu, namun livery baru ini lebih mengusung tema futuristik dengan warna silver pada bagian atas dan depan, lalu trasisi ke warna hitam pada bagian bawah serta belakang, dengan penambahan aksen garis seperti aliran angin berwarna hijau tosca khas warna Petronas yang juga menjadi sponsor tim ini.

Logo-logo sponsor juga dibuat kontras dengan warna hitam serta putih agar dapat dilihat jelas saat mobil berjalan. Warna matching ini juga berlanjut sampai ke penggunaan pelek OZ 13 inci yang diwarnai hitam dengan lis hijau.

Baca juga: Tim Renault Tengah Mengembangkan Sasis Barunya

Toto Wolff selaku Mercedes Team Principal juga berujar, bahwa musim ini akan menjadi hal menarik dari persaingan antar tim karena regulasi baru F1. "Semuanya sudah diatur ulang. Setiap tim memiliki kesempatan untuk memproduksi mobil yang dapat menjadi terdepan dan saya pribadi, sangat bersemangat untuk melihat bagaimana tim lain tampil, dan apakah kami dapat mempertahankan posisi kami di depan.”

Mercedes mengandalkan mesin AMG F1 M10 EQ Power+ dengan kapasitas 1.600 cc berkonfigurasi V6 Turbocharged, yang dapat menyentuh angka 15.000 rpm. Tambahan Motor Generator Unit–Kinetic (MGU-K), dan Motor Generator Unit–Heat (MGU-H) Menghasilkan tenaga maksimal 950-1.000 dk, yang disambung ke transmisi Xtrac semi-automatic, seamless shift sequential gearbox dengan 8 percepatan maju dan 1 gigi mundur.

Baca juga: HAAS Optimis Hadapi Musim Balap F1 2019

Untuk sistem pelumasan dan bahan bakar mobil ini dipercayakan pada Petronas. Oli mobil ini menggunakan Petronas Primax dan bahan bakar menggunakan Petronas Syntium & Tutela.

W10 ini nantinya akan digunakan oleh sang juara dunia 5 kali Lewis Hamilton dan juga rekan setimnya Valtteri Bottas yang akan melakukan debut pertama kali pada balapan di Australia, pada Maret mendatang. (Deddy Darmanto)

Nama Tim Mercedes-AMG Petronas Motorsport
Markas Brackley, Inggris
Team Chief Toto Wolff
Technical Chief James Allison
Sasis W10
Mesin Mercedes M10 EQ Power+
Pertama Kali Masuk F1 1970
Pembalap Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas