Mercedes-Benz AMG GT3 2020, Penerus Generasi Lama Untuk Seri Balap GT3

Mercedes-Benz AMG GT3 2020, Penerus Generasi Lama untuk Seri Balap GT3 Foto: Mercedes-AMG

KabarOto.com – Mercedes-Benz sangat mendukung kompetisi balap mobil GT3, dengan mengeluarkan model baru dari Mercedes-Benz AMG GT3. Model baru ini hadir untuk mengisi kelas motor sport dan memenuhi aturan balap FIA GT3.

Mercedes-Benz AMG GT3 hadir untuk meneruskan kejuaraan balap generasi pendahulunya, dari SLS AMG GT3 2010 dan AMG GT3 2015. Sportcar ini telah memenuhi prasyarat ideal sebagai model baru GT3, yakni memiliki ketinggian mobil rendah, distribusi beban dan lebar kendaraan yang ideal untuk menjamin handling akurat, akselerasi instan, pengendalian yang lincah dan stabil.

Baca juga: Profil Mercedes-Benz GLC Class AMG Night Edition

Sebagai peserta kelas GT3, Mercedes-Benz membekali mobil ini dengan mesin V8 berkapasitas 6.300 cc tanpa turbocharged. Absennya turbocharged dilakukan untuk mengurangi biaya produksi, jangka waktu servis yang lebih panjang, teknologi yang mudah diakses oleh pengguna dan pengendalian yang andal. Mesin tersebut terhubung dengan girboks 6 percepatan.

Mercedes-Benz mengubah beberapa komponen untuk menekan biaya perbaikan saat terjadi kecelakaan. Ubahan pada model baru ini salah satunya ada di bagian depan mobil, yang dioptimalkan untuk melindungi radiator, mesin atau as roda. Ini bertujuan agar perbaikan tidak akan menelan biaya yang besar, seandainya terjadi kecelakaan.

Perubahan komponen pada model baru ini juga dilakukan untuk memudahkan mekanik melakukan perbaikan. Seperti splitter depan yang dapat disesuaikan, konfigurasi sayap belakang, filter udara yang mudah diakses. Termasuk pengurangan sejumlah komponen, untuk perbaikan yang lebih cepat saat kompetisi berlangsung.

Mercedes-Benz juga memberikan sistem perekam data otomatis dan analisis waktu. Fitur ini dibuat untuk pelacakan yang lebih mudah, cepat dan aman. Sistem akan otomatis beroperasi secara digital dan real time. Ini sangat bermanfaat saat kompetisi berlangsung, supaya tim kompetisi balap tidak harus merekam data secara manual.

Baca juga: Mercedes-Benz S212 Wagon Ini Mainan Baru Selebgram Kiki Anugraha

Untuk memberikan keamanan maksimal kepada pengemudi, Mercedes melengkapinya dengan rollcage baja berkekuatan tinggi, kerangka dari alumunium, kursi dari serat karbon dan lubang pengaman di atap mobil untuk memenuhi standar FIA yang baru. Setir dilapis karet untuk cengkraman yang baik pada tangan.

Sebagai mobil balap, pengendalian tentu harus maksimal. Makanya, sistem rem dan traction control dikembangkan lebih lanjut. Misal rem ABS dirancang supaya sesuai dengan spesifikasi ban balap generasi saat ini. Traction control dioptimalkan, supaya mobil dapat meluncur pada batas grip dan sesitivitas traksi yang lebih besar.

Pengirimannya akan dimulai pada akhir tahun 2019 dan bisa digunakan di musim balap baru tahun 2020. Sembari menunggu proses peluncuran, Mercedes-Benz AMG GT3 ini masih akan menjalani proses pengujian dan pengembangan. (Nora Dian Pratama)

Baca juga: Ini Klubnya Juragan Bus Mercedes-Benz, Syarat Jadi Membernya Gokil !

Data Spesifikasi:

· Mesin: AMG 6.3-Liter V8, naturally aspirated (6.208 cc)

· Transmisi: Girboks Kompetisi Sequential AMG, 6 percepatan

· Dimensi (PxLxT): 4.746 mm x 2.049 mm x 1.238 mm

· Elektronik: Motorsport electrics termasuk multi-adjustable ABS and AMG Traction Control

· Ban: AMG Alloy berukuran 18 inci (depan 325/680-18, belakang 325/705-18)

· Rem: Cakram (Depan 390 mm, Belakang 355 mm)

· Suspensi: Double wishbone

· Berat: < 1.285 kg