POPULAR STORIES

Mercedes-Benz GenH2 Truck, Bisa Tempuh 1.000 Km!

Mercedes-Benz GenH2 Truck, Bisa Tempuh 1.000 Km!

KabarOto.com - Mercedes-Benz GenH2 Truck menjadi terobosan baru kendaraan komersial Daimler Truck untuk masa depan. Mengandalkan teknologi hidrogen diklaim bisa menempuh jarak hingga 1.000 km untuk sekali pengisian.

Kabarnya Mercedes-Benz GenH2 Truck siap dicoba oleh konsumen pada tahun 2023. Perihal produksi massalnya akan mulai tahun 2025.

Baca juga: 7 Mobil Mobil Listrik Kia akan Hadir Hingga 2027



Jarak tempuh yang cukup jauh untuk sekali pengisian tersebut diyakini berkat temuan cairan hidrogen dan tidak menggunakan gas hidrogen. Performanya diklaim setara truk diesel konvensional.

Martin Daum, Chairman of the Board of Management of Daimler Truck AG and Member of the Board of Management of Daimler AG, mengatakan hadirnya truk tersebut sebagai target transportasi tanpa emisi.



"Lebih menitik beratkan pada teknologi baterai dan hidrogen punya potensi sukses di masa depan," ujar Martin. "Kendaraan fuel-cell menjadi pilihan tepat untuk kendaraan berat dan jarak jauh."



GenH2 Truck kabarnya memiliki total berat 40 ton dan kemampuan angkut 25 ton. Disematkan dua tangki besar menampung total 80 kg cairan hidrogen dan sistem fuel-cell 2x150 kilowatt dan baterai 400 kW yang membuatnya punya performa dan jarak tempuh.

Baca juga: Dua Varian All New Audi A6 Meluncur di Tanah Air



Sepasang motor listrik mampu kerahkan 2 x 230 kW secara berkelanjutan dan tenaga tertingginya 2 x 330 kW. Torsinya luar biasa 2 x 1.577 Nm dan 2 x 2.071 Nm.

Penghitungan pengendara melakukan perjalanan 4,5 jam dan istirahat selama 45 menit bisa dimanfaatkan untuk pengisian cepat baterainya.