Mercedes-Benz S680 Guard 4Matic 2022, Andalan Pejabat

Mercedes-Benz S680 Guard 4Matic 2022, Andalan Pejabat Sumber Foto : Mercedes-Benz

KabarOto.com – Usai meluncurkan Mercedes-Benz S-Class generasi terbaru untuk publik. Kini giliran varian khusus pejabat atau petinggi negara dengan spesifikasi armored baru.

Beberapa waktu lalu, pabrikan mobil asal Jerman ini meluncurkan Mercedes-Benz S680 Guard 4Matic 2022. Varian Guard ini menjadi sebutan kendaraan lapis baja dari Mercedes.

Baca Juga : Mercedes-Benz EQS, Mobil Listrik Mewah Pertama Dari Stuttgart

Sedan lapis baja ini memiliki sumbu roda lebih panjang dan megah yang memiliki sertifikasi VPAM VR10. Sertifikasi ini merupakan level tertinggi untuk perlindungan balistik untuk kendaraan sipil, dari pihak pabrikan klaim mampu menahan beragai macam ledakan dan tembakan dari kaliber peluru ukuran 7,62 mm.

Oleh karena itu, mobil ini sangat cocok untuk para pesohor, macam politisi, kepala negara dan tokoh masyarakat yang mencari perlindungan maksimal.

S680 Guard 2022 mampu menahan peluru kaliber 7.62 mm

Pihak Mercedes juga mengubah seluruh bodywork untuk menawarkkan ketahan lebih baik dibandingkan model Guard sebelumnya. Bagian jendela kini lebih tebal yakni 10 cm dan menggunakan ban run-flat dari Michelin PAX yang bisa digunakan hingga 30 km jika bocor. Karena menggunakan bodywork dan perlindungan lebih baik, bobot sedan ini bertambah menjadi total 4,2 ton.

Baca Juga : Bocoran Penampakan Interior Mercedes-Benz 300 SL Roadster

Perubahan lainnya dibandingkan dengan S-Class biasa yaitu penggunaan jendela hidrolik agar tetap bekerja jika sistem kelistrikan mobil mati ketika dalam serangan.

Pengaturan hidrolik yang dapat diatur dari penumpang belakang

Bicara soal performa, menggunakan unit mesin berkode M279 V12 berkapasitas 6.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 604 dk dengan torsi 900 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda dengan sistem 4Matic dan disambung ke transmisi otomatis 9 percepatan yang sudah dikalibrasi untuk menangani bobot mobil yang berat.

Baca Juga : Mercedes-Maybach S-Class, Sempurnakan Kemewahan

Pihak pabrikan mengatakan untuk menyelesaikan satu unit S680 Guard membutuhkan waktu setidaknya 51 hari. Dan, untuk model ini tidak ada varian Pullman Guard yang versi lebih panjang. Karena S-Class ini akan menjadi satu-satunya limusin lapis baja.

Bicara soal harga, satu unit dibanderol sekitar EUR547.400 atau setara Rp 9,3 miliar. Jadi bagaimana Sob, tertarik untuk memilikinya?