Mercedes Simplex 40 HP, Gambaran Mobil Sport 120 Tahun Lalu

Mercedes Simplex 40 HP, Gambaran Mobil Sport 120 Tahun Lalu Dok : Mercedes

KabarOto.com - Tidak ada mobil yang lebih cepat atau lebih sukses selama "Nice Week" dari 4 hingga 11 April 1902, Mercedes-Simplex 40 hp membuktikan dirinya jauh lebih unggul di kompetisi. Puncaknya pada pendakian bukit Nice–La Turbie, mobil balap tersebut menempati tiga tempat pertama.

Dari bodi memang kala itu belum ada namanya aerodinamika, bahkan sampai atap. Namun inilah bentuk mobil dengan performa kencang zaman dulu. Bodi serba kotak dengan emblem Mercedes klasik di depan, tanpa ada atap ataupun kaca depan. Jangan berharap adanya dasbor ataupun fitur lain seperti sabuk pengaman, karena joknya pun hanya menggunakan tempat duduk biasa, berkapasitas empat orang yakni dua depan dan dua belakang.

Baca Juga : Mercedes-Benz GLC, Pengujian Di Tempat Paling Extrem

Ukuran peleknya pun cukup besar dengan bahan material kayu ukuran 910 x 90 depan dan belakang 920 atau 1020 x 120. Disambung ke transmisi manual empat percepatan, penggerak roda belakang disambung menggunakan rantai. Sementara suspensi memakai model per daun.

Dibekali mesin empat silinder karburator, berkapasitas 6.785 cc tenaganya pun sekitar 45 dk pada 1.100 rpm. Perpaduan antara bodi dan mesin, memiliki berat sekitar 943 kilogram.

Baca Juga : Mercedes G 63 Edition 55, Peringati 55 Tahun Kiprah AMG

Rekor tercepat pernah diraih oleh miliarder Amerika Serikat, William K. Vanderbilt II yang melakukan upaya pemecahan rekor di jalan dari Ablis ke Chartres pada Mei 1902, mencapai kecepatan 111,8 kpj. Lalu pada balapan Oostende pada bulan Juli, Baron Pierre de Caters bahkan mencapai 120,8 kpj. Mungkin biasa saja kalau sekarang, namun ingat ini tahun 1902, tanpa sabuk pengaman dan kace depan.

Berita Terkait

Berita Terkait