Mesin Honda RA621H Dukung Max Verstapepen Jadi Juara Dunia Pembalap F1 2021

Mesin Honda RA621H Dukung Max Verstapepen jadi Juara Dunia Pembalap F1 2021 Sumber: Honda Racing

KabarOto.com – Honda mendapat perpisahan manis lewat Max Verstappen (Red Bull) pabrikan asal Jepang itu memutuskan untuk tidak melanjutkan memasok mesin F1 lagi baik ke Red Bull atau AlphaTauri, dan lebih memilih mengembangkan mesin energi listrik.

Honda menggunakan RA621H yang menjadi jantung mekanis dari RB16B. Lalu apa spesialnya mesin ini? Yuk kita kenalan dengan RA621H.

Komponen mesin Honda RA621H paling penting

Sejak 2014, Formula 1 telah beralih dari kekuatan mesin pembakaran internal digabungkan dengan Sistem Pemulihan Energi (ERS) yang menghasilkan unit daya hibrida. Sistem Hibrida mendaur ulang energi yang dihasilkan oleh rem dan gas buang untuk mengoptimalkan tenaga mobil.

Baca juga: Detail Desain Red Bull Racing Bisa Untungkan Balapan Di Sirkuit Hungaroring

Mesin V6 Hybrid Turbo berkapasitas 1.600 cc. Bahan bakar F1 diatur secara ketat dan pada dasarnya mirip dengan yang dibeli di pompa bensin untuk mobil jalan.

Mesin pembakaran internal saat ini menggunakan tambahan turbocharger sehingga selain tenaga listrik yang mendorong sistem hybrid, tenaga selanjutnya berasal dari turbo, bekerja dengan mengambil gas panas dari sistem pembuangan mesin dan menggunakannya untuk memutar kompresor. Lalu meningkatkan campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin.

Penempatan unit turbo yang unik, kompressor di bagian depan mesin dan turbin di belakang. Model yang sama digunakan pada mesin tim Mercedes-AMG Petronas dan ini akhirnya di adopsi oleh tim Scuderia Ferrari.

Skema kerja MGU-K

MGU-K Unit Generator Motor Kinetic adalah salah satu bagian paling kompleks dari mesin F1. Pengereman menghasilkan panas dalam jumlah besar, sehingga bantalan rem menyala merah dengan semua energi yang terpaksa diserapnya. Beroperasi pada sekitar 1000 derajat Fahrenheit, MGU-K dapat mengambil energi itu dan meregenerasinya menjadi listrik yang dapat diumpankan ke ES (Energy Store).

Baca Juga : Kisah Singkat Karir Max Verstappen, Juara Dunia Pembalap F1 2021

MGU-K bukan hanya generator, namun juga menyebarkan energi dari ES ke drivetrain, memberikan mobil hingga 160 dk daya tambahan bila diperlukan.

MGU-H memanfaatkan energi panas

MGU-H Unit Generator Motor Panas, menggunakan panas dari gas buang mobil untuk menggerakkan generator dengan cara yang sama seperti MGU-K menggunakan energi. Energi yang dikonversi ini dapat dikirim langsung ke ES atau MGU-K.

MGU-H memiliki kemampuan untuk bekerja dalam dua cara. Ini dapat menyedot energi keluar, atau, memasukkan energi kembali. Terutama bekerja untuk mendukung turbo, membantu kompresor kembali ke kecepatan saat pembalap menginjak gas, meminimalkan Turbo lag dan memaksimalkan kinerja mesin.