Mesin Honda Civic Type R Dijual Untuk Umum

Mesin Honda Civic Type R Dijual Untuk Umum

KabarOto.com – Pabrikan mobil tidak melulu menjual mobil dalam keadaan utuh. Biasanya mereka juga menawarkan mesin yang lebih bertenaga guna mengganti mesin bawaan mobil, kebanyakan hal tersebut dilakukan pabrikan Amerika Serikat seperti Chevrolet, Dodge dan lainnya.

Namun kini Honda juga menawarkan jantung mekanis dari sportcar andalan mereka yakni Civic Type R FK8. Penjualan mesin untuk umum tersebut dikabarkan mulai bulan Mei tahun ini. Mesin tersebut akan didistribusikan oleh Honda Performance Development (HPD) melalui diler resminya yang baru didirikan.

Baca juga: Sketsa Gambar Honda HR-V Generasi Terbaru Beredar di Dunia Maya

Mesin berkode K20C1 itu nantinya akan ditawarkan kepada pelanggan pribadi, digunakan sebagai pengganti mesin kendaraan menggunakan mesin performa tinggi.

Honda juga mengatakan, mesin ini telah dikembangkan dengan mempertimbangkan kemudahan penggunaan dan dapat dipasang ke berbagai jenis kendaraan. Seperti ciri khas Honda, cukup mudah melakukan swap engine (ganti mesin).

Honda menjelaskan setiap mesin akan dikirimkan terdiri dari blok mesin, alternator, turbocharger, dan motor starter. Namun ada paket yang disebut Controls Package, terdiri dari ECU, engine swap harness, dan pedal gas.

“Paket mesin ini edisi terbatas dan menjadi bagian dari strategi HPD, untuk memanfaatkan keahlian tertinggi kami untuk kepentingan penggemar Honda dari segala usia dan kategori motorsport,” kata John Whiteman dari tim HPD.

Baca juga: Cuma Ada 7 Unit, Ini Suzuki Swift Sport World Champion Edition

Jika mesin terpasang ke tubuh Civic Type R FK8, menghasilkan tenaga 310 dk dan torsi maksimal 400 Nm. Akselerasi 0-100 kpj kurang dari 5,6 detik, dengan transmisi manual 6 percepatan close ratio. Kecepatan maksimalnya bisa menembus 272 kpj.

Banderol paket mesin saja akan dikenakan biaya sekitar US$ 6.790 atau Rp 95 juta. Sementara Controls Pakcage tinggal tambah US$ 2.210 atau Rp 30 jutaan.