POPULAR STORIES

Meski BBM Belum Memadai, Ini Bukti Kesiapan Mitsubishi Fuso Euro4

Meski BBM Belum Memadai, Ini Bukti Kesiapan Mitsubishi Fuso Euro4 Kipli

KabarOto.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB Mitsubishi Fuso) resmi meluncurkan truk dengan standar Euro4, Kamis (24/03) lalu. Sebanyak 29 model baru berstandar Euro4 berhasil diluncurkan oleh Mitsubishi Fuso.

Ada sebanyak 15 varian untuk Mitsubishi Fuso Canter dan 14 varian Mitsubishi Fuso Fighter X. Diklaim telah mengusung mesin Euro4, lantas apa bahan bakar yang bisa ditenggak truk Mitsubishi Fuso ini?

Baca Juga: Mitsubishi Fuso Hadirkan Kendaraan Komersial Dengan Standar Euro4

Dalam konferensi pers yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Aji Jaya selaku Vice President of Sales & Marketing Mitsubishi Fuso mengatakan bahwa produknya tersebut direkomendasikan menggunakan solar dengan centane number (CN) 51.

"Berbekal teknologi ini (Euro4), bahan bakar yang kami sarankan untuk memaksimalkan performa kendaraan ini adalah BBM yang kandungan sulfurnya lebih kecil dari 50 PPM. BBM tersebut sudah tersedia di Indonesia untuk beberapa wilayah," ujar Aji Jum'at (25/03).

Baca Juga: Fuso ECanter, Sanggup Tempuh 100 Kilometer Dalam Sekali Pengisian

Menilik dari kodenya, artinya produk Mitsubishi Fuso dengan mesin euro4 direkomendasikan menggunakan BBM jenis Dexlite (Pertamina), Diesel 51 (BP) dan Shell Diesel (Shell).

Kekurangannya, BBM jenis tersebut diketahui belum tersebar secara merata di seluruh wilayah Indonesia, sehingga solusinya di beberapa tempat harus menggunakan BBM dengan CN lebih rendah, dengan catatan, konsekuensi penggantian filter solar harus dilakukan lebih cepat.

"Sebagai contoh kalau yang pakai BBM CN 51 itu penggantian filter solarnya tiap 10.000 km, maka kalau pakai BBM yang kualitasnya lebih rendah itu penggantiannya bisa tiap 5.000 km," paparnya.