POPULAR STORIES

Meski Dapat PPnBM 0 Persen, Penjualan Mobil 2.500 Cc Tak Seperti 1.500 Cc

Meski Dapat PPnBM 0 Persen, Penjualan Mobil 2.500 Cc tak Seperti 1.500 Cc

KabarOto.com - Pemerintah baru saja mensahkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPn BM) 0% untuk mobil dengan mesin 2.500 cc. Hal itu disambut baik oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Pasalnya, undustri otomotif yang menjadi penyumbang untuk perekonomian Indonesia baik lokal maupun ekspor saat pandemik Covid-19 penjualannya menurun.

Baca Juga: Sah, Kebijakan PPnBM Diperluas Untuk Mobil 2.500 Cc

Gaikindo melalui Ketua I, Jongkie D Sugiarto menilai, penjualan mobil 2.500 cc ini tidak seperti 1.500 cc ke bawah.

"Pasar mobil ini tak sebesar 1.500 cc ke bawah. Karena harga mobil dengan mesin tersebut di atas Rp 300 juta," terangnya, Kamis (23/03).

Toyota punya mobil 2.500 cc yang mendapat PPnBM 0 persen

Saat ini, Jongkie mengaku surat pemesanan kendaraan mobil 1.500 cc naik 50% hingga 80%, dimulai sejak insentif itu diberikan awal Maret 2021 lalu.

"Jadi belum tentu mobil di segmen ini peningkatan penjualannya sampai 80%. Namun, kami tetap mendukung keputusan pemerintah. Saya pun berharap, stimulus yang sudah diberikan pemerintah bisa mengtobati industri otomotif," ujar Jongkie.

Jongkie menambahkan, jika stimulus langsung mengena kepada harga jual kendaraan bermotor, harganya jadi lebih terjangkau oleh masyarakat.

Baca Juga: Regulasi Relaksasi PPnBM Baru, Dua Mobil Honda Ini Paling Laris

Karena, jika ada pembelian di masyarakat, industri mobil dan industri komponen akan bangkit kembali. "Tujuannya supaya industri otomotif ini tidak menderita terlalu lama," tutup Jongkie.