POPULAR STORIES

Meski Pandemik Covid-19, Isuzu Bisa Memaksimalkan Keuntungan Konsumen

Meski Pandemik Covid-19, Isuzu Bisa Memaksimalkan Keuntungan Konsumen Isuzu Traga menjadi penopang penjualan di tengah Pandemik

KabarOto.com - Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang untuk seluruh pelaku bisnis di sebagian industri, tidak terkecuali industri otomotif. Berdasarkan data Gaikindo untuk retail sales, market otomotif sampai dengan bulan Mei 2020, market sudah mengalami penurunan sampai 40%, di mana penurunan terbesar ada di segment kendaraan penumpang non sedan, seperti MPV dan SUV.

Baca Juga: Cara Bertahan Isuzu, Fokus Di Logistik Dan Transportasi

Hal ini sedikit berbeda dari pola yang biasa terjadi dengan pergerakan makro ekonomi, di mana biasanya pergerakan terjadi paling besar terdapat di segmen kendaraan komersial. Pandemik Covid-19 memiliki domino efek yang bukan saja berdampak dari segi kesehatan, akan tetapi berdampak langsung pada perekonomian Indonesia.

Melihat pola konsumsi masyarakat akan menahan pengeluaran pribadi, mengamankan diri sehingga pengeluaran untuk pembeliaan kendaraan menjadi urutan kesekian. Namun hal ini berbeda dengan segmen kendaraan komersial, sebagai penopang dari pergerakan logistik dan distribusi. Di tengah pandemik, kebutuhan akan logistik tetap dan distribusi retail justru meningkat mengakibatkan pertumbuhan pada segmen bisnis ini.

Bagaimana dengan Isuzu? Isuzu Indonesia juga mengalami penurunan seperti brand otomotif lainnya. Sampai dengan YTD Mei 2020, Isuzu melakukan penjualan sebesar 6.792 unit, turun 27,9% dibandingkan YTD 2019, dengan market share yang naik dari 2,4% menjadi 2,6%.

Walaupun seluruh produk Isuzu mengalami penurunan penjualan, akan tetapi dari sisi market share, Isuzu justru mengalami kenaikan. Seperti Isuzu Traga dengan market share 24,8%, Isuzu Elf di 22,5% dan Isuzu GIGA di 15,5%.

Menurut Attias Asril, General Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia mengatakan, pihaknya cukup senang, karena Isuzu sudah semakin diterima di kalangan para pebisnis logistik. Di tengah pandemik, segmen yang masih tetap berjalan seperti segment logistik dan ditributor retail justru tumbuh pesat.

Baca Juga: Isuzu Anggap Pandemik Ini Seperti Rehat Balapan

"Harapan kami bisa menjadi partner sejati dalam setiap langkah perjalanan customer menuju sukses," terangnya. Selain itu, Isuzu sebagai partner bisnis mereka, kendaraan komersial Isuzu bisa memaksimalkan keuntungan bisnisnya.