POPULAR STORIES

Meski Tambah Padat, Pengaturan Rest Area Untuk Pemudik 2023 Diklaim Lancar Terkendali

Meski Tambah Padat, Pengaturan Rest Area untuk Pemudik 2023 Diklaim Lancar Terkendali Arus dalam rest area untuk pemudik 2023 diklaim lancar(Kipli/Jasa Marga)

KabarOto.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business (JMRB) yang mengelola Rest Area Travoy, memastikan bahwa manajemen rest area selama periode arus mudik dan balik hari raya Idul Fitri 1444 H/2023 berjalan dengan terkendali.

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan menyampaikan, sejumlah penanganan operasional di rest area yang telah direncanakan oleh Jasa Marga berjalan dengan baik dan efektif.

Menurutnya, meskipun volume kendaraan mengalami peningkatan, namun tidak terjadi penumpukan kendaraan yang signifikan di rest area yang menyebabkan antrean hingga jalur utama tol.

"Dibandingkan tahun sebelumnya, pada arus mudik dan balik tahun 2023 ini, tidak terjadi kepadatan yang signifikan di rest area. Sejumlah peningkatan pelayanan dilakukan oleh Jasa Marga untuk menciptakan mudik yang aman dan berkesan, salah satunya tentu saja di rest area dan fasilitasnya yang tidak bisa dipisahkan dari operasional jalan tol," jelas Agus.

Baca Juga: Catat, Berikut Daftar Rest Area Di Tol Trans Jawa

Agus menambahkan, pada periode arus mudik dan balik tahun 2023, PT JMRB mencatat peningkatan volume kendaraan pada 11 rest area utama di Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang.

Pada arus mudik, terjadi peningkatan volume total harian rata-rata kendaraan, dari 61.236 kendaraan menjadi 78.730 kendaraan atau terjadi peningkatan sebesar 29% dibanding kondisi normal.

Sedangkan pada arus balik, volume total harian rata-rata kendaraan dari 61.234 kendaraan naik menjadi 97.682 kendaraan, atau naik sebesar 60% dibanding kondisi normal.

“Pada arus mudik, peningkatan lalu lintas tertinggi terjadi di Rest Area Km 39A dan Km 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area Km 72A dan Km 88A Jalan Tol Cipularang dan Rest Area Km 207A Jalan Tol Palikanci. Sementara itu pada arus balik, terpantau Rest Area Km 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Rest Area 97B dan 88B Jalan Tol Cipularang yang memiliki peningkatan lalu lintas tertinggi," jabarnya.

Baca Juga: Yuk Intip Fasilitas Unik Di Rest Area Km 57, Bisa Istirahat Nyaman Sampai Mandi Air Hangat

Hal serupa dituturkan oleh Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB Tita Paulina Purbasari. Atas diskresi Kepolisian, sempat diberlakukan sistem buka-tutup di sejumlah rest area secara situasional.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurai kepadatan yang terjadi di dalam rest area. Sistem buka-tutup rest area pada tahun ini dilakukan dengan durasi yang cukup singkat, yakni sekitar 5-10 menit, sehingga antrean kendaraan di on ramp rest area tidak sempat memadati hingga ke jalur utama tol.

“Upaya lainnya yaitu dengan memberlakukan skema rekayasa lalu lintas di dalam rest area serta memaksimalkan kapasitas parkir kendaraan seiring dengan meningkatnya arus lalu lintas di jalan tol, terutama jika sedang diberlakukan one way di jalur utama tol. Kami juga memaksimalkan kantung-kantung parkir dengan mengarahkan para pengunjung untuk mengisi area parkir yang tersedia, sehingga tidak memadati jalur utama yang kerap mengakibatkan kepadatan," ujar Tita.