POPULAR STORIES

Mini Electric Pacesetter Jadi Safety Car Formula E

Mini Electric Pacesetter Jadi Safety Car Formula E

KabarOto.com – BMW i8 sudah bertugas menjadi safety car untuk ajang Formula E sejak musim 2015. Itu berarti sudah lima tahun lebih mobil tersebut bertugas di ajang jet darat elektric tersebut. Kali ini BMW i8 Roadster nampaknya sudah akan diistirahatkan, dan diganti Mini Electric Pacesetter.

Mini Electric Pacesetter ini sendiri telah mendapat beberapa perubahan pada aspek desain. Misalnya saja spoiler belakang dan menggunakan over fender menyerupai Mini Cooper JCW GP. Tujuannya demi bisa memasukkan pelek 18 inci yang punya tapak lebih lebar.

Baca juga: Mercedes AMG GT-R Dan C 63 S Estate Masih Dipakai Jadi Safety Car Dan Medical Car F1 2021

Soal desain, Mini ini punya basis warna putih dengan aksen warna abu-abu serta orange yang mencolok. Warna orange cukup banyak ditemukan seperti di bagian belakang, gril, bumper, serta pelek model palang empat two tone-nya.

Bannya sendiri sudah menggunakan yang proper untuk trek yakni Michelin Pilot Sport ukuran 245/40 R18. Ditambah suspensi sudah menggunakan coilover racing yang dapat disetel dalam tiga mode sesuai kebutuhan.

Lalu mengintip bagian interior, ternyata semua bagian hampir dicopot agar memangkas beratnya. Hanya mengisakan dasbor standar yang bahkan tidak ada headunit di bagian tengahnya. Joknya pun sudah diganti model bucket seat, dan bagian belakang full rollcage untuk menjaga apabila terjadi insiden.

Ternyata tidak sia-sia mencopot semua part dalam interior, buktinya bobot mobil ini lebih ringan sekitar 130 kg dari Mini Electric standar. Karena beratnya telah terpangkas banyak, akselerasi 0-100 kpj pun lebih cepat sekitar hanya 6,7 detik atau 0,6 detik lebih kencang dari varian standar.

Baca juga: Safety Car MotoGP 2021 Lebih Berwarna Dan Bervariasi

“Formula E dan Mini memiliki kesamaan, yaitu tidak dapat diprediksi dan dapat diakses oleh semua orang,” ucap CEO Formula E, Jamie Reigle.

Selain itu, pengemudi Safety Car Formula E, Bruno Correia juga berpendapat bahwa Mini asyik dikendarai, karena gokart feeling yabg selalu jadi ciri khasnya, “Sangat menyenangkan mengendarainya. Rasanya seperti karting."