MINI Perkenalkan Clubman Dan Countryman JCW 2020

MINI Perkenalkan Clubman Dan Countryman JCW 2020 Foto: Netcarshow.com

KabarOto.com –MINI akan kembali membawa penyegaran baru pada line-up Clubman dan Countryman dengan merilis versi John Cooper Works dari dua model tersebut.

Versi kencang dari model ini diberi sedikit penyegaran baru pada warnanya yang menggunakan perpaduan abu-abu muda dan garis balap orange agar tampil segar.

Tampilan Countryman terlihat sporty dengan warna baru.

Jika berharap setidaknya ada perubahan pada bodinya, MINI tidak melakukan hal itu sama sekali. Mulai dari model headlamp ataupun stoplamp, lekukan bumper depan belakang, bahkan peleknya masih menggunakan versi sebelumnya.

Baca juga : Begini Tampilan MINI Cooper S Ice Blue Limited Edition

Yang menarik dari JCW Clubman dan JCW Countryman ini justru terdapat pada mesinnya, kabarnya versi ini akan mendapat sokongan tenaga lebih besar dari mesin 2.0L MINI TwinPower Turbo, 4 silindernya, yakni 331 dk dengan torsi maksimal mencapai 449 Nm. Lengkapnya lagi, tenaga besar tersebut disalurkan oleh transmisi 8 percepatan otomatis Steptronic. Oh iya, kedua JCW kembar ini juga memiliki penggerak All-wheel drive, yang diberi nama MINI ALL4 sehingga memberikan traksi, kestabilan, dan manuver lebih bagus.

Terdapat logo ALL4 pada sisi samping.

Hasilnya, akselerasi dari 0-100 kpj ditempuh dalam waktu cukup singkat, JCW Clubman berhasil mencatat waktu 4.9 detik, sementara JCW Countryman lebih lambat sedikit dengan 5.1 detik karena bodi yang juga lebih besar. Untuk kecepatan maksimalnya, kedua mobil ini dilimit oleh ECU hingga 250 kpj saja demi alasan keselamatan.

Kaliper rem lebih besar, dengan pelek model sporty.

Tidak hanya itu, MINI mengklaim kalau perubahan tidak hanya pada mesin melainkan chasis baru yang lebih kuat dan rigid, lalu camber roda depan disesuaikan agar mobil lebih stabil jika bermanuver. Sistem pengereman di-upgrade dengan ukuran rotor lebih besar 14.1 inci depan dan kaliper 4 piston belakang.

Baca juga : Inilah Sosok MINI 3-Door Black Edition, Hanya 6 Unit Di Indonesia

Untuk peleknya, model masih sama dengan versi JCW sekarang, menggunakan JCW Light metal model palang 5, finishing dual tone berukuran 18 inci dan ada pula opsional ukuran 19 inci.

Layout interior JCW Clubman dan Countryman hampir sama keduanya.

Fitur kemewahan juga cukup lengkap, mulai dari lampu utama LED, keyless entry, MINI Driving Modes, headunit terintergrasi dengan navigasi yang bisa menampilkan secara real-time kemacetan di jalan, dan juga Apple CarPlay. Untuk sistem navigasi juga bisa di-update secara otomatis lewat internet dari smartphone pengguna.

Soal harga dan kapan meluncur, MINI belum memberi keterangan secara pasti tentang hal tersebut, kita tunggu saja.