Mitsubishi Fuso ECanter Belum Dijual Di Indonesia, Ini Kendalanya

Mitsubishi Fuso eCanter Belum Dijual di Indonesia, Ini Kendalanya

KabarOto.com - Mitsubishi Fuso eCanter diyakini menjadi truk ringan pertama di dunia yang mengaplikasi sumber tenaga listrik. Kendaraan komersial ini sempat tampil beberapa kali ikut memamerkan teknologinya di pameran Indonesia.

Naoya Takai, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), ketika berbincang-bincang di Media Gathering, Selasa (30/3), menyatakan memahami kendaraan listrik dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia.

Baca juga: Yuk, Intip Spesifikasi Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter



Namun dirinya masih harus memastikan dukungan pemerintah agar Mitsubishi Fuso eCanter bisa menjadi pendukung operasional. "Penggunaan truk listrik di Indonesia masih terkendala infrastruktur."

"Memang mobil listrik tidak sekadar kendaraan penumpang tetapi juga truk. Namun sejauh mana tempat pengisian ulang baterai untuk kendaraan komersial," yakin Takai.

Adapun 6 modul baterai Mercedes-Benz liquid cooled berbahan lithium-ion 360V, 82,8 kWh. Setiap kali baterai penuh, Mitsubishi Fuso eCanter bisa menempuh jarak hingga 100 km. Mitsubishi mengkalin tenaganya setera dengan tenaga 18- dk dan torsinya 390 Nm.

Dalam hal pengisian ulang baterai hingga terisi penuh, bila gunakan tegangan 200-230V (32A) gunakan sumber listrik dari rumah perlu waktu 6-8 jam. Sedangkan dengan sumber listrik DC hanya perlu waktu 1,5 jam.



Mitsubishi mengabarkan pula bahwa 200 lebih Fuso eCanter sudah melakukan operasionalnya di kota-kota besar New York, Tokyo, Berlin, London, Amsterdam, Paris, Dublin, Oslo, Copenhagen, Helsinki hingga Lisbon.

Tiga tahun semenjak diperkenalkan, Fuso eCanter sebagai light-truck bertenaga listrik, diyakini menjadi andalan para penggunanya mengakses lokasi dengan pembatasan emisi gas buang.

Baca juga: Mitsubishi Fuso eCanter Andalan Penyedia Jasa

Tanpa emisi gas buang, tentunya Fuso eCanter sangat cocok untuk pengiriman makanan, paket pesanan, surat hingga transportasi gas. Di Eropa, Fuso eCanter ini digunakan oleh PostNL, Dachser, Deutche Post DHL, Rhenus Group hingga DB Schenker.

Adapun eCanter memainkan peran penting dalam mencapai transportasi bebas karbon, dengan gerakan berkelanjutan menuju masyarakat bebas karbon yang ditangani oleh berbagai pemerintah di negara Eropa dan juga kawasan Asia hingga Amerika.