Mitsubishi Lancer Evolution Vl Makinen Edition Pecahkan Rekor Lelang Termahal

Mitsubishi Lancer Evolution Vl Makinen Edition Pecahkan Rekor Lelang Termahal

KabarOto.com – Mitsubishi Lancer Evolution Vl Makinen Edition (TME) terjual dengan harga £146.250 atau setara Rp2,9 miliaran dalam sebuah lelang Silverstone Auctions di Inggris.

Pencapaian ini sekaligus menjadi yang termahal dari semua Evo Vl TME yang pernah dilelang, mengalahkan rekor sebelumnya sebelumnya yang bernilai £100.100 yang belum lama dicetak pada bulan Mei lalu.

Baca juga: Modifikasi Mitsubishi Xpander Dengan Komponen Lancer Evolution

Memiliki eksterior berwarna Passion Red, Mitsubishi Lancer Evo VI TME diproduksi hanya 50 unit, dari total 250 unit edisi terbatas yang diproduksi. Khusus warna merah ini, tersemat “Special Colour Package”, berupa striping khas Ralliart seperti di versi mobil reli yang dipacu Tommi Makinen di WRC.

Hampir semua bagian eksterior masih orisinil, termasuk pelek Enkei berukuran 17 inci berwarna putih. Namun, knalpot sudah diganti dengan bahan stainless-steel (pelek bawaan masih ada dan disimpan).

Meskipun sudah berpindah tangan sebanyak dua kali, odometer Mitsubishi Lancer Evo VI TME ini baru menempuh jarak 17.703 km setelah diproduksi. Sayangnya, bagian interior belum ada informasi lebih lanjut.

Baca juga: Perbaikan Komponen Mesin, Mitsubishi Recall Lancer EX, Outlander Sport, Dan Delica

Mitsubishi Lancer Evo VI TME dibekali mesin 4 silinder turbo 2.000 cc, bertenaga 276 dk dan torsi 373 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan yang terhubung dengan penggerak seluruh roda. Akselerasinya 0-100 kpj hanya membutuhkan waktu 4,4 detik.

Menariknya, edisi terbatas ini diklaim bisa menghasilkan tenaga hingga 300 dk. Namun, Mitsubishi menghormati “gentlemen’s agreement” antar pabrikan Jepang untuk hanya produksi mobil sport tidak lebih dari 280 dk.