POPULAR STORIES

Perbaikan Komponen Mesin, Mitsubishi Recall Lancer EX, Outlander Sport, Dan Delica

Perbaikan Komponen Mesin, Mitsubishi Recall Lancer EX, Outlander Sport, dan Delica

KabarOto.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan program Field Fix (Kampanye Perbaikan) untuk beberapa model kendaraannya. Mitsubishi Lancer EX, Outlander Sport, dan Delica harus dilakukan perbaikan untuk mengikuti peraturah perundang-undangan yang berlaku.

Mitsubishi mengikuti Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor dan Nomor PM 53 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor.

Perbaikan dilakukan untuk Mitsubishi Lancer EX tahun produksi 2008-2010 sebanyak 1.217 unit, Mitsubishi Outlander Sport tahun produksi 2010-2011 sebanyak 2 unit, dan 1 unit Delica tahun 2010.

Baca Juga: Bikin Spidometer Mitsubishi Xpander Lebih Glowing

Perbaikan dilakukan untuk menyempurnakan desain engine auto tensioner yang kurang sempurna akibat sliding resistance force menjadi tinggi seiring umur pemakaian. Hal tersebut mempengaruhi durabilitas komponen.

Tidak sempurnanya pemasangan berpotensi menyebabkan dudukan engine auto tensioner yang dibautkan ke blok mesin retak. Hal ini bisa terjadi saat mesin sedang digunakan dalam kondisi beban atau putaran tinggi secara berulang.

Kondisi terburuknya, engine auto tensioner bisa patah atau pecah. Kemudian drive belt yang berfungsi sebagai penerus putaran mesin untuk menyatukan putaran pompa oli power steering, alternator dan pompa air sirkulasi pendingin radiator bakal ikut terlepas.

Hal yang terjadi selanjutnya apabila drive belt terlepas akan berakibat ke lampu engine check menyala, kehilangan tekanan oli power steering, performa baterai atau accu menurun, dan mesin jadi overheat.

Baca Juga: Hubungi Layanan 24 Hours Emergency Services, Tim Mitsubishi Segera Evakuasi Mobil Dampak Banjir

Tapi Sobat KabarOto tenang saja, sampai saat ini masih belum ada laporan kejadian adanya masalah di engine auto tensioner di Indonesia. Sehingga, perbaikan ini dilakukan sebelum terjadi kasus atau masalah kerusakan.

"Program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab kami dalam menjaga kualitas kendaraan," ujar Eiichiro Hamazaki, Director of Aftersales Division PT MMKSI.

Kampanye perbaikan akan dimulai 28 Februari, nantinya Mitsubishi akan mengirimkan surat undangan terkait perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat. Oh ya, jangan khawatir konsumen juga tidak akan dikenakan biaya apapun.

Perbaikan akan dilakukan dalam kurun waktu sekitar 1,5 jam untuk penggantian engine auto tensioner Mitsubishi Lancer EX, Outlander Sport, dan Delica.