Mitsubishi Xpander Agar Tetap Mahal Ketika Dijual Lagi, Simak Caranya!

Mitsubishi Xpander agar Tetap Mahal Ketika Dijual Lagi, Simak Caranya!

KabarOto.com - Mitsubishi Xpander, merupakan MPV yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yang membutuhkan kendaraan keluarga. Mobil yang diperkenalkan pada tahun 2016 ini sudah dilakukan beberapa penyegaran.

Varian terbaru yang diperkenalkan adalah Mitsubishi Xpander Black Edition dan Xpander Rockford Fosgate Black Edition. Sebelumnya Mitsubishi juga hadirkan Xpander Cross bagi konsumen yang gemar berpetualang.

Baca Juga: First Impression Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Sobat KabarOto yang memilki Xpander pastinya ingin selalu mobil terlihat mulus dan tetap terjaga kondisinya sehingga saat ingin menjualnya punya resale value yang baik. Boediarto Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), beberapa waktu lalu memberikan beberapa kiat yang harus dilakukan.

1. Lakukan Servis Berkala di Bengkel Resmi.

Konsumen menurut dia harus selalu melakukan perawatan berkala dan perbaikan di bengkel resmi. Karena, pasti nanti calon pembeli menanyakan riwayat servis. Di bengkel resmi, sudah tercatat riwayat servis mobil, apa saja komponen yang sudah diganti. Jika nantinya kondisi mobil sudah tercatat di bengkel resmi, harga jual tentu akan sesuai dengan keinginan.

2. Suku Cadang Asli harus selalu digunakan.

Kiat yang kedua adalah selalu menggunakan suku cadang asli keluaran pabrikan, bukan yang imitasi. Kualitas suku cadang asli akan terjamin juga pertimbangan garansi mobil secara keseluruhan.

Penggunaan suku cadang asli dari bengkel resmi juga terlihat dari pengerjaannya, di mana menggunakan peralatan yang modern, serta teknisi yang sudah terlatih dan tersertifikasi.

Mitsubishi Xpander MPV keluarga Indonesia

3. Jangan memodifikasi mobil secara berlebihan.

Modifikasi berlebihan harus dihindari, terutama di bagian kelistrikan. Karena saat ini banyak pemilik mobil yang memodifikasi mobil ringan sampai extrem. Nah, jika ingin harga jualnya tidak turun, usahakan mobil selalu dalam kondisi standar.

"Modifikasi di bagian kelistrikan lebih rentan, bisa mengakibatkan kerusakan komponen standar kendaraan," terang Bodiarto.

Bahkan, jika memodifikasi kelistrikan sembarangan bisa menyebabkan konsleting dan mobil terbakar.

4. Selalu menjaga kondisi eksterior dan interior.

Bagian ini yang paling menentukan penjualan mobil. Calon pembeli biasanya melihat eksterior dan interiornya. Jika kondisi bagus, rapi dan bersih, maka kemungkinan besar calon pembeli tertarik pada pandangan pertama. Sehingga saat memilikinya nanti, tidak perlu lagi mengganti atau memperbaiki bagian tersebut.

Kondisi yang dimasud adalah tidak baret, kabin terbebas dari jamur, kotoran makanan dan sebagainya. Sebaiknya melakukan perawatan setiap 6 bulan satu kali ke salon mobil, agar kondisi kabin tetap terjaga.

5. Bahan bakar yang direkomendasikan harus selalu digunakan.

Bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrik tentu sudah disesuaikan dengan spesifikasi mesin yang dibuat. Jangan mudah tergiur oleh bahan bakar yang murah, tapi bisa merusak kualitas mesin.

Baca Juga: Ini Detail Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Bahan bakar yang direkomendasikan di buku manual membuat performa mesin terjaga dan umurnya pun bisa lebih panjang. Dengan melakukan langkah-langkah yang dijelaskan Boediarto, kemungkinan harga Mitsubishi Xpander bisa tetap terjaga.

Dilihat dari situs jual beli online OLX, harga jual Mitsubishi Xpander Sport Matic tahun 2019 dibanderol Rp 205 juta, Xpander Exceed tahun 2018 Rp 207 juta, dan Xpander Sport tahun 2018 Rp 215 juta.