Mitsubishi Xpander Belum 'Geser' Si Kembar Avanza-Xenia Di Segmen Mobil Bekas

Mitsubishi Xpander Belum 'Geser' Si Kembar Avanza-Xenia di Segmen Mobil Bekas Mitsubishi Xpander (Deni/KO)

KabarOto.com - Segmen mobil bekas di Indonesia masih didominasi oleh penjualan si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, yang kerap masih menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin mudik di Hari Raya Idul Fitri. Meski pun dua tahun terakhir, mobil sejuta umat itu mendapatkan perlawanan ketat dari Mitsubishi Xpander.

Halomoan Fischer, Presiden Direktur mobil88 menjelaskan, segmen mobil bekas berbeda dengan mobil baru. Jika bicara persaingan kedua low MPV itu di pasar mobil bekas, sepertinya masih terlalu dini, kalau kita bicarakan sekarang. Karena kehadiran Xpander di pasar mobil bekas saat ini jumlahnya tidak terlalu banyak.

Baca juga: 95 Persen Pembeli Mobil Bekas Mulai Lirik Layanan Berbasis Digital

"Kalau bicara kebutuhan, hingga saat ini Avanza-Xenia masih paling banyak dicari, Xpander dalam kondisi bekas memang ada, tapi hingga saat ini belum bisa menyaingi kedua model itu. Karena secara umur kendaraan Xpander masih sangat muda," jelasnya.

Menurut Fischer, sekarang ini usia Xpander itu masih 1 tahun 5 bulan, karena mobil ini memang benar-benar baru, di bekas juga masih belum banyak stoknya.

Toyota Avanza Bekas

Namun Ia pun memaparkan, bahwa perputaran Mitsubishi Xpander bekas cukup baik, karena pasar mobil bekas dengan harga Rp 120 hingga Rp 180 juta, perputaran (unit mobil terjual) sangatlah cepat.

Lebih jauh Fischer pun turut memaparkan, "Bila dilihat secara rinci, untuk penjualan mobil bekas di mobil88 penjualan kendaraan multi guna (MPV) masih berkontribusi sebesar 43 persen, sementara di segmen compact yang didalamnya terdapat LCGC hingga hatchback itu berada di angka 35 persen. Sementara segmen SUV sebesar 16 persen, dan 6 persen lainnya diisi segmen sedan," pungkasnya.

Baca juga: Mudahkan Konsumen Di Indonesia, Sera Group Perkuat Layanan Berbasis Digital

Sekadar informasi, mobil88 merupakan anak usaha Astra International yang bergerak dalam penjualan mobil bekas di Indonesia. Hingga saat ini mobil88 telah memiliki lebih dari 20 jaringan diler yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.