Mitsubishi Xpander Dibekali CVT, Apa Keunggulannya?

Mitsubishi Xpander Dibekali CVT, Apa Keunggulannya? Pengujian keunggulan fitur Mitsubishi Xpander (Foto: MMKSI)

KabarOto.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada November 2021 lalu, memperkenalkan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) andalannya yaitu New Xpander. Mobil ini menjadi tulang punggung penjualan MMKSI di segmen LMPV.

Penampilan paling mencolok adalah model lampu depan yang menggunakan model desain "T" yang sudah berteknologi LED. Model gril baru dengan black krom dan bagian samping dengan krom model biasanya. Begitu juga dengan lampu belakang dengan desain baru model "T" shape berteknologi LED.

Baca juga: Test Drive New Mitsubishi Xpander Ultimate CVT, Lebih Irit Dan Bertenaga

Kemudian pelek untuk varian Ultimate kini menggunakan ukuran 17 inci dengan ban 205/55, pelek model palang dengan ban profil termasuk rendah. Mitsubishi juga meningkatkan kenyamanan dan sensasi berkendara New Xpander lewat transmisi CVT terbaru.

Mitsubishi Xpander tampil lebih modern

Interiornya terlihat mewah, dengan layar TFT 8 inci, serta jok yang lebih tinggi dari model sebelumnya. Semua disuguhkan untuk kenyamanan pengemudi dan penumpangnya selama perjalanan.

Mitsubishi Xpander dibekali dengan mesin 4 silinder DOHC MIVEC dengan kapasitas 1.499 cc, transmisinya menggunakan CVT dengan 8 percepatan. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga 105 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Transmisi CVT ini diklaim memiliki banyak keunggulan, di antaranya perpindahan transmisi lebih halus sehingga lebih nyaman, dan juga efisiensi bahan bakar.

Terpenting pada sebuah LMPV adalah transmisi CVT dengan Hill Start Assist (HSA) membuat New Xpander bisa menanjak dengan kondisi jalan ekstrem. Hal itu karena mobil ini juga telah dipasang fitur kontrol traksi.

Peluncuran Mitsubishi Xpander di GIIAS 2021



Dalam sebuah kesempatan, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan, CVT saat ini sudah menjadi teknologi wajib untuk mobil-mobil zaman now, yang memang mengedepankan kenyamanan.

"Karena dengan CVT, friksi yang terjadi sangat sedikit. Dengan firiksi yang sedikit mengemudi akan jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan," kata Rifat Sungkar beberapa waktu lalu.

Perelli nasional ini juga memberikan pengalaman, saat mencoba New Xpander di beberapa tipe jalanan. Kesannya sangat baik untuk mobil ini. "Sangat terasa saat mencapai putaran mesin 3.000 rpm ke 3.500 rpm, itu seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali," terangnya.

Baca juga: Jelang Kehadiran Model Barunya, Mitsubsihi Xpander Bekas Tetap Jadi Buruan

Diibaratkan olehnya, saat dipanggil, tenaga yang dihasilkan akan selalu ada. "Ini berbeda dengan Xpander yang lama. Kick down memang ada tapi dipertahankan di RPM tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta," tambah Rifat.