Test Drive New Mitsubishi Xpander Ultimate CVT, Lebih Irit Dan Bertenaga

Test Drive New Mitsubishi Xpander Ultimate CVT, Lebih Irit dan Bertenaga Foto: Benny

KabarOto.com - Kita bicara dulu tentang latar belakang dari Mitsubishi Xpander ini. Menjelang akhir tahun 2021 kemarin, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan facelift dari MPV (Multi Purpose Vehicle) andalannya yakni New Xpander pada 10 Oktober 2021. Kendaraan ini menjadi salah satu tulang punggung penjualan mobil penumpang Mitsubishi di Indonesia.

Sebagai MPV favorit masyarakat di Indonesia, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sejak peluncurannya pada September 2017 hingga September 2021 kemarin sudah mencetak angka penjualan sebanyak 215.269 unit. Hal ini membuktikan bahwa Mitsubishi Xpander sudah mendapatkan tempat di hati konsumen pengguna kendaraan di Indonesia.

Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 kemarin, jumlah pemesanan (SPK) Mitsubishi Xpander selama pameran berlangsung (11-21 November 2021) mencapai 2.623 unit. Sedangkan kompetitor terdekatnya mencetak angka pemesanan sebanyak 1.534 unit.

Baca juga: Jelang Kehadiran Model Barunya, Mitsubsihi Xpander Bekas Tetap Jadi Buruan

Sebelumnya menggunakan pelek 16 inci, kini 17 inci namun ukuran ban tetap sama yakni 205/55

Bahkan kini PT MMKSI sudah menghadirkankan Xpander Cross yang disebut sebagai kendaraan SUV namun dengan DNA dari Xpander sebagai sebuah MPV. Sebagai informasi tambahan, Indonesia bukan lagi menjadi produsen tunggal Mitsubishi Xpander di dunia, negara Vietnam dan Malaysia sudah mulai merakit secara lokal Xpander. Ekspor sudah dilakukan untuk beberapa negara ASEAN seperti Thailand dan Filipina, ini merupakan strategi Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memperkuat posisi Xpander sebagai mobil penumpang terlaris Mitsubishi di dunia saat ini.

Lanjut kepada pembahasan New Mitsubishi Xpander, pada kesempatan ini KabarOto melakukan test drive atau uji coba kendaraan MPV terbaru tersebut. New Mitsubishi Xpander Ultimate CVT menjadi kendaraan test drive kali ini, MPV yang kini menggunakan transmisi CVT ini dibanderol Rp 299.770.000 (OTR Jabodetabek).

Awalnya Mitsubishi Xpander ini diproduksi untuk memenuhi ekspektasi masyarakat Indonesia akan sebuah kendaraan MPV ideal, menggabungkan ketangguhan dan kelegaan kabin untuk menjadi modal jualan. Desain Xpander, seperti mendobrak pakem tampilan mobil-mobil sekelasnya. Xpander tampil lebih modern dan terlihat agresif. Penerapan bahasa desain "Dynamic Shield" seperti mobil-mobil lansiran Mitsubishi, membuat New Xpander ini terlihat modern.

Xpander merupakan hasil kolaborasi tiga merek yakni Renault, Nissan dan Mitsubishi yang tergabung dalam sebuah aliansi. Sehingga menghadirkan MPV ideal masyarakat Indonesia, kabarnya dibuat berdasarkan hasil survei tim aliansi ini ke pengguna kendaraan di Tanah Air.

Interior

Dimulai dengan bagian interior, New Mitsubishi Xpander menggunakan kombinasi warna beige, abu-abu dan hitam. Desain dasbor baru dengan material soft touch di atas permukaan dasbor, sebagian panel dan area door trim. Sementara arm rest pada New Xpander kini lebih lebar dan besar dari sebelumnya.

Baca juga: Segini Harga Aksesori Resmi Mitsubishi New Xpander

Desain baru pada dasbor dengan kontrol AC digital dan rem tangan model elektrik

Head unit menggunakan model baru dengan layar TFT 8 inci sudah mengantongi teknologi layar sentuh, kemampuan koneksi via USB untuk membaca format audio MP3 dan video MP4. Juga bisa tersambung dengan telpon genggam via bluetooth. Untuk mempermudah pengoperasian disediakan kontrol pada lingkar kemudi untuk mengatur volume suara serta kontrol operasi cruise control.

Busa jok tebal dan desain yang sesuai kontur tubuh orang asia kebanyakan, menambah kenyamanan saat berkendara jarak jauh maupun dekat. Head room dan leg room yang lega menjadi kelebihan mobil ini ketimbang kompetitor lainnya. Tinggi pengemudi mencapai 175 cm tidak menjadi kendala saat mengemudi atau menjadi penumpang di depan maupun di baris kedua.

Kemudi yang bisa diatur ketinggian dan mundur maju sesuai keinginan (telescopic dan tilt steering), AC kini menggunakan sistem operasi digital, kemudian rem tangan menggunakan pengoperasian elektrik dengan tambahan fitur auto hold dengan tombol.