Mobil Balap Formula E Generasi Ketiga Lebih Ringan Dan Bertenaga

Mobil Balap Formula E Generasi Ketiga Lebih Ringan dan Bertenaga Formula E Gen 3 (Foto: Formula E)

KabarOto.com - Formula E telah resmi meluncurkan mobil balap generasi ketiga yang diklaim merupakan yang tercepat karena mampu melesat hingga 322 kpj.

Secara desain, mobil balap generasi ketiga memiliki sudut baru ke segala arah dibandingkan model sebelumnya yang mampu melintasi sirkuit jalanan yang sempit seperti di Monaco.

“Monaco adalah rumah spiritual dari motorsport dan tidak ada tempat yang lebih pas untuk memperkenalkan mobil balap Gen3 kami. Gen3 mengganggu dan menantang konvensi motorsport, menetapkan tolok ukur untuk kinerja, efisiensi, dan keberlanjutan tanpa kompromi," kata Jamie Reigle, CEO Formula E.

Baca juga: Jaguar TSC Racing Ungkap Konsep Livery Untuk Mobil Balap Formula E

Fascia depan Formula E Gen 3

Untuk memungkinkan kecepatan hingga 322 kpj, mobil Gen3 baru dilengkapi motor baru yang mampu menghasilkan tenaga 470 dk. Meskipun memiliki tenaga ekstra, bobotnya juga hanya 840 kg , 60 kg lebih ringan dari mobil keluaran sebelumnya.

Menggunakan baterai yang lebih kecil membuat regenerasi ditingkatkan. Hilang sudah rem belakang hidrolik, diganti seluruhnya dengan rem regeneratif. Ini juga merupakan mobil Formula E pertama dengan powertrain 250kW depan, yang dikombinasikan dengan unit belakang 350kW, meningkatkan kemampuan regeneratif menjadi total 600kW. Formula E mengklaim bahwa sekitar 40 persen energi yang digunakan dalam balapan akan dihasilkan oleh pengereman saja.

Baca juga: Rahasia Rem Brembo Hadapi Formula 1 2022

Tampak belakang

“Baik secara teknologi dan lingkungan, Gen3 menetapkan standar baru dalam olahraga. Tim pengembangan FIA dan Formula E telah melakukan pekerjaan yang luar biasa, dan saya berterima kasih kepada mereka atas kerja keras mereka dalam proyek ini," tambah Reigle.

Memang, Formula E mengatakan bahwa baterai barunya dibuat dengan bahan-bahan yang bersumber secara berkelanjutan dan akan didaur ulang pada akhir masa pakainya. Mobil Gen3 terbuat dari serat karbon daur ulang, yang telah membantu mereka mengurangi jejak karbon hingga 10 persen.

Mobil Formula E baru akan berlomba tahun depan untuk musim kesembilan Formula E. Tujuh pembuat mobil telah mendaftar untuk bersaing, termasuk DS Automobiles, Jaguar, Mahindra Racing, Maserati, NIO 333, Nissan, Porsche AG.