POPULAR STORIES

Mobil Ceper Sering Gesrot? Roll Fender Aja!  

Mobil Ceper Sering Gesrot? Roll Fender Aja!   Foto: Deddy Darmanto

KabarOto.com - Apakah sobat KabarOto penggemar mobil ceper atau memiliki? Permasalahan terbesar dari mobil ceper biasanya ban gesrot dengan sepatbor.

Hal tersebut terjadi karena jarak antara ban dan fender semakin menipis. Sehingga saat mobil melewati jalanan bergelombang atau polisi tidur yang tinggi, antara ban dan fender tidak memiliki cukup jarak, dan terjadilah gesrot.

Memang tampilan mobil akan terlihat lebih keren jika ceper, tapi kenyamanan akan dikorbankan. Nah, KabarOto punya salah satu solusi agar masalah gesrot ini teratasi.

Caranya adalah roll fender. Roll fender? Bagi yang belum tahu, lihat penjelasan berikut yah. Roll fender adalah proses membentuk bibir fender, yang tadinya memiliki bentuk seperti huruf ‘L’, dibuat jadi lurus seperti huruf ‘I’.

Baca Juga: AHT Garage, Dari Bengkel Mobil Balap Sampai Drone Racing

Karena gesrot itu biasanya terjadi, karena ban yang mengenai bagian bibir yang berbentuk ‘L’ tersebut. Jika diubah bentuknya menjadi lurus, maka ban akan memiliki ruang ayun yang lebih luas di dalam fender, tanpa terhalang bibir fender.

Menurut Daned, penggawa dari bengkel NCI Rajanya Roll Fender yang sudah berdiri sejak 2003. “Roll fender biasanya menjadi solusi bagi yang mobilnya sudah ceper dan peleknya sudah diganti lebih besar, misalnya 2 inci dari standar bawaan atau lebih.”

Berbeda dari cara roll fender orang biasanya dengan cara diketok, Rajanya Roll Fender menggunakan alat khusus untuk roll fender. Alat tersebut nantinya akan dipasang pada center hub roda, dan akan ada bagian yang nantinya untuk mengeroll bibir fender.

“Jadi tools yang kita gunakan itu menggunakan radius putar fender dari centre hub, jadi putarannya lebih teratur dan dorongannya stabil. Dibanding jika diketuk, karena ketukan kan memakai tenaga orang, dan juga ketukan itu tidak stabil bisa terlalu kencang, atau bisa terlalu lemah. Jika terlalu kencang, dampaknya bisa membuat fender tersebut bengkok,” ujar pria ramah tersebut.

Untuk pengerjaan pelipatan roll fender ini membutuhkan waktu sekitar 2,5 - 3 jam untuk pengerjaan 4 fendernya. Namun akan lebih lama jika ada kasus khusus, misalnya harus di-pull out karena pemakaian pelek yang terlalu besar, sehingga tidak bisa hanya di-roll.

Harga yang dipatok untuk pengerjaan roll fender berkisar Rp 250 ribu sampai Rp 350 ribu per fender, berdasarkan tingkat kesulitan. Untuk pull out, biayanya berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 350 ribu per fender. (Deddy Darmanto)

Baca Juga: Lebih Bagus Mana? Tambal Ban Cacing Atau Tip Top