Mobil Jarang Dipakai Juga Harus Ganti Oli Loh

Mobil Jarang Dipakai Juga Harus Ganti Oli Loh

KabarOto.com - Anda punya mobil baru dan jarang digunakan? jangan dikira hal tersebut bisa awet. Karena mobil yang jarang digunakan atau seminggu satu kali saja itu harus dilakukan pergantian oli. Jangan mengikuti kilometer yang baru ditempuh, tapi ada baiknya setiap 6 bulan dilakukan perawatan dan pergantaian oli.

Hal ini bukan tanpa alasan, Vice President Director PT. Federal Karyatama (FKT) Adrian Baskoro mengatakan, mobil yang lama tidak digunakan, penggantian oli mesinnya bisa mengikuti waktu (bulan).

Baca Juga: Federal Lubricants Dan Mobil Lubricants Berangkatkan 600 Pemudik Ke-4 Kota

"Mobil yang sudah enam bulan jarang dipakai dan kilometernya masih rendah tetap harus dilakukan penggantian oli," terangnya di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Dia menyarankan, sebaiknya penggantian oli dilakukan tidak lebih dari batas waktu standar yang sudah ditetapkan, agar kualitas pelumasan di komponen mesin tetap baik dan untuk mencegah adanya kerusakan pada mesin.

"Ya walau kilometernya belum sampai harus diganti lah, karena Oli itu meninggalkan kerak di dalam mesinn, selama oli itu tidak berputar atau jarang dipakai mengembun, ada oksidasi disitu, makanya harus diganti," tambah Adrian.

Baca Juga: Federal Ganti Oli Motor Warga Bengkulu Yang Terendam Banjir

Jika ditunda-tunda, menurut Adian akan ada beberapa hal yang akan terjadi, diantaranya kerusakan berbagai komponen yang berkaitan. Oli yang sudah menurun kualitasnya akan membuat performa sepeda mobil menurun, tenaga dan tarikannya kendor. Bahan bakar juga menjadi boros, karena olinya sudah tidak fresh oli itu berpengaruh pada tarikan mesin," tambahnya.