POPULAR STORIES

Mobil Koleksi BJ Habibie Bakal Mejeng Di Museum Otomotif Indonesia

Mobil Koleksi BJ Habibie Bakal Mejeng di Museum Otomotif Indonesia Ilustrasi: Mercedes-Benz Gullwing 300 SL (Foto: Hagerty.com)

KabarOto.com - Rencana pendirian Museum Mercedes Benz BJ Habibie di Museum Otomotif Indonesia (MOI) di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur mendapat sambutan hangat Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Pameran khusus mobil-mobil Mercedes Bens koleksi BJ Habibie, baik yang ada di Jakarta maupun yang masih berada di Jerman dan beberapa tempat lainnya rencananya akan diselenggarakan awal tahun depan di Jakarta Hilton Convention Center (JHCC).

Baca Juga: Tidak Disangka, Mercedes-Benz Gullwing 300 SL Salah Satu Mobil Koleksi BJ Habibie

"Selain sebagai intelektual yang mencintai buku, Pak Habibie juga merupakan sosok yang mencintai dunia otomotif," ujar Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet.

Hal itu disampaikan Bamsoet saat mengunjungi Perpustakaan Habibie dan Ainun. Sekaligus melihat berbagai koleksi mobil Mercedes Benz dan motor milik Presiden ke-3, BJ Habibie. Bamsoet datang bersama Ketua Dewan Penasihat Motor Besar Indonesia (MBI) Basrizal Koto, diterima langsung oleh Ilham Habibie, putera pertama BJ Habibie.

Bamsoet mengakui, koleksi kendaraan milik Presiden ke-3, BJ Habibie sangat menarik. Seperti Mercedes Benz Gullwing yang didapat dari dalam hutan di Jambi. Mobilnya sudah jadi rongsokan dan tersangkut di atas pohon. Menurut kabar lainnya, mobil tersebut diduga miliki anggota kerajaan di Jambi yang sengaja disembunyikan pasca kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Dua Motor Harley-Davidson Ini Kesayangan Habibie

"Koleksi kendaraannya sangat beragam. Antara lain Mercedes-Benz 300SL Gullwing, Mercedes-Benz 600 Pullman, Mercedes-Benz 600SEC, hingga BMW Z1 Roadster. Pak Habibie merawat berbagai koleksi kendaraannya dengan baik. Begitupun dengan anak-anaknya seperti Mas Ilham Habibie yang turut merawat koleksi kendaraan ayahnya dengan baik," jelas Bamsoet.