Tidak Disangka, Mercedes-Benz Gullwing 300 SL Salah Satu Mobil Koleksi BJ Habibie

Tidak Disangka, Mercedes-Benz Gullwing 300 SL Salah Satu Mobil Koleksi BJ Habibie Mercedes-Benz Gullwing 300 SL (Foto: Hagerty.com)

KabarOto.com - Kabar duka menyelimuti Republik Indonesia karena kabar Presiden ke-3, Prof Dr Ing BJ Habibie tutup usia pada hari Selasa kemarin (11/09). Sejak beberapa waktu lalu Habibie memang dikabarkan tengah dirawat di Rumah Sakit karena kesehatannya melemah. Indonesia berkabung karena sosok Pahlawan sepanjang masa ini kini telah tiada.

BJ Habibie tidak hanya dikenal di karier politiknya, namun sangat identik dengan pembuatan pesawat. Namun, siapa sangka, saat Zaskia Adya Mecca mengunjungi rumahnya berjajar mobil-mobil yang tidak hanya mewah, namun antik dan langka di garasi mobilnya.

Baca Juga: Intip Kecanggihan Mercedes-Benz S600 Guard, Calon Mobil Dinas Baru Jokowi

Zaskia Adya Mecca saat home tour BJ Habibie (Sumber: Screen capture vlog The Bramantyos)

Salah satunya Mercedes-Benz Gullwing 300 SL. Ini merupakan mobil pertama yang langsung diserbu Zaskia Adya Mecca saat memasuki garasi mobil Habibie. Mobil berwarna silver ini tidak hanya unik tetapi memiliki tenaga yang luar biasa.

Salah satu keunikannya terlihat dari bukaan pintu ke atas seperti sayap burung. Mercedes-Benz Gullwing 300 SL didesain sebagai mobil coupe dua pintu, merupakan salah satu mobil sport terbaik di eranya.

Foto: Carstyling

Mobil dua penumpang ini memiliki panjang 4.520 mm, lebar 1.778 mm, tinggi 1.302 mm dengan ground clearance cukup rendah yaitu 127 mm. Kapasitas tangki bahan bakanya bahkan mencapai 100 Liter.

Baca Juga: Profil - Mercedes-Benz AMG G63

Mercedes-Benz Gullwing 300 SL merupakan kendaraan yang diproduksi pada era tahun 1955-1963, tidak main-main mobil ini dibekali mesin 6 silinder dengan kapasitas 2.996 cc. Mobil batman ini mampu menghasilkan tenaga 215 dk pada 5.800 rpm dan torsi 275 Nm pada 4.600 rpm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi manual 4 percepatan.

Foto: Carstyling

Kerennya, walaupun menggendong bobot 1.293 kg, Mercedes-Benz Gullwing 300 SL mampu melesat dari 0-100 kpj dalam waktu 8,8 detik. Sementara kecepatan maksimumnya berada pada 217 kpj.

Wah, tidak disangka ya salah satu mobil koleksi BJ Habibie sekeren ini. Selamat jalan Habibie, terima kasih atas jasamu untuk Indonesia!

Baca Juga: Meski Simpel, Modifikasi Mercedes-Benz S213 Di Indonesia Ini Hasilkan Konsep Berkelas