POPULAR STORIES

Mobil Listrik Kia EV9 Dengan Konsep Gaya Kotak Menegaskan Kesan Gagah

Mobil Listrik Kia EV9 dengan Konsep Gaya Kotak Menegaskan Kesan Gagah Foto: KIA

KabarOto.com - Kia berencana memperkenalkan SUV listrik tiga baris, EV9, akhir bulan ini. Gayanya tetap dengan model kotak, menegaskan kesan gagah.

Menjelang pengungkapan penuh, Kia merilis tampilan eksterior yang cukup lengkap dan gambaran bagian interior. Desain berbagi gaya kotak mengikuti konsep 2021, tetapi mendapatkan wajah yang direvisi dan beberapa perubahan di dalamnya.

Baca juga: Kia EV9 Menggoda Lewat Teaser Terbaru

Dipandu oleh filosofi desain merek 'Opposites United', para desainer. Kia berusaha menciptakan kendaraan dengan daya tarik visual yang belum pernah ada sebelumnya. Secara khusus, pilar ideologi 'Bold for Nature', yang menginspirasi kombinasi elemen dari alam dan dunia material, telah memainkan peran kunci dalam membentuk desain eksterior Kia EV9.

Hasilnya adalah sebuah kendaraan, menggabungkan aura kemampuan tangguh yang tidak diragukan lagi untuk semua kondisi, dengan ketenangan dari EV canggih, membuka jalan baru untuk desain SUV listrik masa depan.

Bagian depan Kia EV9 dilambangkan menggunakan garis-garis sederhana dan permukaan bodi yang jelas, yang memancarkan kepercayaan diri, kejernihan, dan ketenangan dalam ukuran yang sama. Ditegaskan oleh 'Digital Pattern Lighting Grille', dan lampu depan vertikal yang mencolok, 'Digital Tiger Face' khas EV9 menanamkan tampilan dan nuansa visioner dan futuristik.

Digital Tiger Face menampilkan dua kelompok lampu kubus kecil di dalam bodywork yang berdekatan dengan masing-masing headlamp. 'Star Map LED daytime running lights (DRL)' EV9 yang inovatif menciptakan pengalaman iluminasi baru dan memberikan pola pencahayaan animasi canggih yang akan menunjukkan Wajah Harimau Digital Kia untuk model EV merek masa depan.

Dibentuk dari bahasa desain poligonal, profil samping Kia EV9 dengan mudah memadukan identitas SUV yang kuat dan tak terbantahkan dengan efisiensi aerodinamis. Struktur fender segitiga yang dinamis dan lengkungan roda geometris yang sangat menonjol, menyatukan elemen poligonal menjadi struktur kohesif yang menghadirkan tampilan yang tegas.

Pegangan pintu yang rata dan garis atap belakang yang meruncing memberikan kesan gerakan yang mulus dan efisien.

Di bagian belakang kendaraan, garis pintu belakang yang sederhana dan bersih, yang diperinci secara elegan oleh lampu belakang tipis yang mencerminkan desain lampu depan, semakin mencerminkan sikap EV9 yang kuat dan percaya diri.

Baca juga: Profil Kia EV6 GT-Line Yang Mejeng Di Ajang GJAW 2023

Dibangun di atas Kia's Electric Global Modular Platform (E-GMP), jarak sumbu roda EV9 yang panjang, garis sabuk rendah, dan arsitektur kendaraan listrik yang benar-benar datar telah memfasilitasi terciptanya ruang yang lapang bagi semua penumpang untuk terhubung dan bersantai dengan kenyamanan bergaya lounge di ketiga barisnya.

Ditawarkan dalam format 6 dan 7 kursi, Kia menangkap umpan balik dari keluarga untuk mengevaluasi konfigurasi tempat duduk dan fitur untuk memastikan EV9 memberikan kesetaraan ruang, kenyamanan, dan pengalaman untuk semua penumpang tanpa menempatkan semua fokusnya pada pengemudi.

Penumpang yang duduk di kursi baris pertama dan kedua dapat merebahkan kursinya secara bersamaan untuk bersantai dan beristirahat saat EV9 mengisi daya. Kursi baris kedua dapat dengan mudah diputar 180 derajat sehingga penumpang dapat berinteraksi dengan mereka yang duduk di baris ketiga. Kursi baris ketiga juga menawarkan tempat gelas dan tempat pengisian daya untuk perangkat seluler.

Di seluruh kabin yang luas, ringan, dan lapang, Kia EV9 mewujudkan kesederhanaan yang elegan, kualitas premium, desain yang sangat ramah pengguna. Dasbor panoramik yang terbuka dan mengambang memanjang dari roda kemudi ke bagian tengah kendaraan. Dua layar sentuh 12,3 inci terintegrasi dengan satu tampilan segmen 5 inci meningkatkan pengalaman digital, menawarkan kontrol fungsi kendaraan yang mudah dan memastikan tombol fisik dijaga seminimal mungkin.

Konsol tengah dilengkapi dengan banyak pilihan penyimpanan, termasuk kompartemen luas yang terletak di dasarnya. Pintu konsol tengah dirancang lebih lanjut untuk menambah penyempurnaan keseluruhan ruang interior.

Layar audio visual, navigasi, dan telematika (AVNT) definisi tinggi Kia EV9 yang diperluas menciptakan pengalaman yang kaya dan imersif. Ini meningkatkan kemampuan penghuni untuk terlibat dan berinteraksi dengan dunia digital secara mulus. Di bawah layar AVNT, deretan tombol sentuh tipe tersembunyi menyediakan fungsi start/stop bersama dengan AVNT dan kontrol pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC).

Baca juga: Impresi Berkendara Kia EV6: Bertenaga, Mewah Dan Canggih!

Kia menyimpan detail tambahan untuk debut penuh EV9 akhir bulan ini. Concept EV9 menjanjikan jangkauan 300 mil (483 km) dan pengisian daya ultra cepat 25 menit (10 hingga 80%) 350 kW.