Mobil Listrik Pikap MEvITS Buatan ITS, Bisa Melaju Sampai 100 Kpj

Mobil Listrik Pikap MEvITS Buatan ITS, Bisa Melaju Sampai 100 Kpj Mobil listrik MEvITS buatan ITS (FotoL Dok ITS)

KabarOto.com - Pemerintah fokus kembangkan kendaraan listrik di Indonesia. Berbagai merek asal Asia dan Eropa mulai menghadirkan mobil ramah lingkungan. Tak hanya pabrikan, Perguruan Tinggi negeri dan swasta pun mulai bereksperimen membuat kendaraan listrik.

Salah satunya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, menghadirkan mobil listrik pikap multiguna. Hebatnya, baterai setelah terisi penuh bisa melaju hingga 200 kilometer, bisa melaju hingga 100 kpj.

Baca Juga: Honda Siapkan Mobil Listrik Otonom, Dilengkapi Playstation 5

Mobil listrik ini bernama Multipurpose Electric Vehicle ITS (MEvITS). Ketua Tim Pengembangan MEvITS, Prof Dr Eng Harus Laksana Guntur ST MEng, mengatakan, MEvITS dirancang dan dikembangkan sepenuhnya oleh ITS.

Mobil listrik Pikap MEvITS bentuknya menyerupai Jeep (Foto: Antara)

MEvITS ini sengaja dibuat sebagai kendaraan multiguna, tak hanya bisa mengangkut penumpang, tetapi juga bisa membawa barang.

ITS membuat MEvITS agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas. "Supaya harganya terjangkau, kami berusaha menginovasikan mobil dengan daya yang tak terlalu besar," terang Harus Laksana, dilansir dari situs resmi ITS.

Memiliki daya 20 kWh, dan akan dilakukan terus penyempurnaan. "Dengan semangat real innovation, kami harap mobil ini dapat menjadi terobosan yang berguna bagi masyarakat," tambahnya.

Baca Juga: First Drive - Jajal Singkat Fitur Mobil Listrik Toyota BZ4x

Tampilannya cukup menarik, desain terlihat tangguh, mirip jeep, karena karakternya mengotak. Jok di kabin juga tampak sporty. Di belakang terdapat bak, untuk mengangkut barang. Mobil ini diharapkan nantinya bisa membantu perekonomian masyarakat Indonesia, jika nantinya diproduksi secara massal.