POPULAR STORIES

Mobil Listrik Polisi Amerika Serikat Tangguh Dan Efisien, Berani Coba Lawan?

Mobil Listrik Polisi Amerika Serikat Tangguh dan Efisien, Berani Coba Lawan?

KabarOto.com - Ford mengeluarkan kendaraan khusus bermesin hybrid untuk operasional kepolisian bernama Ford Interceptor Utility Hybrid, mobil ini menggantikan Ford Crown Victoria yang menjadi mobil patroli polisi Amerika Serikat selama bertahun-tahun.

Ford Interceptor Utility Hybrid merupakan Ford Explorer yang dimodifikasi khusus untuk penggunaan operasional kepolisian dan menjadi mobil polisi pertama yang menggunakan mesin hybrid. Sistem hybrid yang digunakan merupakan sistem hybrid Ford generasi keempat yang digunakan juga pada Ford Escape Hybrid dan F-150 Hybrid.

Dilansir dari Carscoops, berkat penggunaan mesin hynrid, membuat Ford mengklaim konsumsi bahan bakarnya 41% lebih efisien. Itu berarti, pengeluaran lembaga kepolisian Amerika Serikat untuk biaya bahan bakar berkurang antara US$ 3.500 atau sekitar Rp 49 juta dan US$ 5.700 atau sekitar Rp 80 juta per tahun.

Baca juga: Ford Bronco R Race Prototype, Sambut Kejayaan Setengah Abad

Supaya mobil ini tangguh menjalankan tugas kepolisian sehari-hari, Ford membekali mobil ini dengan mesin V6 HEV berkapasitas 3.300 cc. Daya yang dihasilkan mesin bensin dan motor listrik menghasilkan tenaga gabungan sebesar 318 dk dan torsi 436 Nm pada @4.000 rpm. Kedua mesin tersebut terhubung dengan transmisi otomatis 10 percepatan dan menggunakan sistem penggerak semua roda (AWD).

Berkat tenaga gabungan kedua mesin tersebut, membuat mobil ini mampu berakselerasi dari kecepatan 0 ke 100 kpj dalam waktu 7,8 detik dan mampu mencatat kecepatan tertinggi hingga 220 kpj.

Ford melakukan modifikasi khusus untuk mobil ini dengan melakukan peningkatan kinerja mesin pada respon throttle yang dioptimalkan, transmisi yang diperbarui, dan mesin bensinnya tidak mempedulikan lagi efisiensi bahan bakarnya karena sudah terbantu dengan motor listrik.

Performa akselerasi semakin meningkat didukung teknologi Interceptor direct torque, teknologi ini memberikan lompatan akselerasi di rpm bawah sehingga membawa mobil ini berakselerasi ke kecepatan tinggi dengan cepat sehingga membutuhkan pengereman yang lebih sering.

Selain meningkatkan performa mesin untuk membantu polisi dalam melakukan pengejaran atau tugas kepolisian tertentu, Ford juga memperbarui sistem pengeremannya untuk mendukung teknologi Interceptor direct torque yang meningkatkan performa akselerasinya.

Menggunakan ukuran rem cakram yang lebih besar yang dikembangkan oleh insinyur dinamika kendaraan Ford, Shin Scoot. Beliau yang mengembangkan sistem pengereman pada model Interceptor dan Explorer, rem yang dikembangkannya mampu menghentikan laju kendaraan dengan optimal dan mampu mengerem stabil saat di belokan.

Baca juga: Toyota Land Cruiser Dan Ford Ranger Jadi Andalan Tokoh Utama di Film Terminator: Dark Fate

Masuk ke bagian dalam, Police Interceptor Utility mencakup kursi depan berlapis kain dengan bantalan yang diperkecil untuk kenyamanan dan kemudahan keluar masuk bagi petugas. Kursi belakang menggunakan bahan vinil dan lantai berbahan vinil untuk memudahkan pembersihan. Selain itu, bagian punggung kedua jok depan dibekali pelat besi untuk melindungi dari ancaman tusukan pisau.

Dalam meningkatkan keselamatan petugas, Ford Interceptor Utility dirancang untuk memenuhi uji tabrak yang mampu menahan benturan dari belakang yang berkecepatan hingga 120 kpj.

Ford Police Interceptor Utility juga dibekali sejumlah senjata rahasia untuk menaklukkan penjahat yaitu Police Perimeter Alert yang mendeteksi lingkungan sekitar mobil. Sistem ini mengandalkan sensor yang dapat memantau lingkungan sekitar kendaraan dalam jangkauan 270 derajat, sistem ini dapat menganalisis gerakan hingga 80 kaki terhadap gerakan yang berpotensi memicu bahaya.

Sistem ini akan bekerja saat ada gerakan berbahaya yang terdeteksi di sekitar mobil. Secara otomatis kamera belakang menyala, alarm berbunyi, pintu mengunci secara otomatis, dan kaca menutup otomatis.

Ford melengkapi Interceptor Utility Hybrid dengan modem Ford dan layanan Ford Telematics™ yang dapat digunakan gratis selama 2 tahun, layanan ini dapat mendeteksi letak mobil ini sehingga membantu pusat komando kepolisian.

Berkendara semakin lebih aman didukung fitur bantuan pengemudi diantaranya Pre-Collision Assist with Automatic Emergency Braking, Pedestrian Detection and Forward Collision Warning.

Baca juga: Tuner Jepang Liberty Walk Rombak Ford Mustang Jadi Makin Gambot

Sebagai mobil tangguh dalam menjalankan tugas kepolisian, Ford menyediakan paket tambahan termasuk kamera belakang memungkinkan petugas untuk melihat keadaan sekitar di belakang mobil.

Mobil ini telah diuji untuk meningkatkan ketahanan termasuk sistem pendingin yang ditingkatkan, sistem pengereman disetel khusus, dan pelek baja dirancang khusus untuk menahan kerasnya saat melakukan pengejaran. Dengan pengujian ini membuat mobil polisi ini dapat menahan tumbukan saat menabrak trotoar setinggi 203 mm dan menerobos banjir hingga setinggi 457 mm.

Mengenai penjualan Ford Interceptor Utility Hybrid, mobil polisi ini akan dijual pada musim panas tahun 2019. Dari 8.000 pesanan Interceptor Utility, sekitar 1.100 unit merupakan Interceptor Utility Hybrid untuk mobil operasional kepolisian Amerika Serikat. (Nora Dian Pratama)