POPULAR STORIES

Mobil Tak Boleh Nongkrong Lama Di Garasi? Ini Faktanya

Mobil Tak Boleh Nongkrong Lama di Garasi? Ini Faktanya Buat kalian yang punya mobil koleksi sering ditinggal lama di garasi, mungkin ini jadi bahan pertimbangan. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Sobat KabarOto mungkin pernah dengar mitos tentang kendaraan yang punya efek negatif akibat terlalu lama 'nongkrong' di garasi rumah.

Nah dalam artikel kali ini, ada beberapa pernyataan yang sering jadi perbincangan dikalangan pecinta otomotif, khususnya roda 4. Apalagi buat kalian yang punya mobil koleksi sering ditinggal lama di garasi, mungkin ini jadi bahan pertimbangan.

Yang pertama adalah menghidupkan/panaskan mesin setiap interval 2-3 hari sekali selama 5 menit. Sebenarnya secara teknis, hal ini perlu dilakukan agar baterai/aki tak soak/lemah.

"Sirkulasi pengisian listrik yang stabil akan membuat kualitas elemen didalam aki akan tetap terjaga layaknya mobil yang dipakai sehari-hari," buka Andre Rusli selaku pemilik bengkel ADR Motorsport, Gading Serpong, Tangerang.

Ia menambahkan dalam proses memanaskan mesin tak perlu lama-lama, karena hanya akan membuang BBM secara percuma.

Lalu mitos tentang ban yang bisa peyang jika didiamkan menopang mobil terlalu lama, "Sebenarnya lebih ke material karetnya yang rusak, kualitasnya menurun seperti getas dan mudah pecah. Belum lagi sokbreker yang kelamaan menahan bobot mobil yang berat," kata pria berkacamata itu.

Ia mengatakan solusinya lebih baik mencopot semua ban dan topang mobil dengan 4 buah jackstand di keempat sisi roda.

Baca Juga: Siap-siap, Pekan Ini Kejurnas Sprint Rally Putaran 3 2018 Di Serpong