POPULAR STORIES

Modal Promo Di Media Sosial, Travel Gelap Nekat Angkut Pemudik Bertarif Mahal

Modal Promo di Media Sosial, Travel Gelap Nekat Angkut Pemudik Bertarif Mahal Humas Polda Metro Jaya

KabarOto.com - Promosi usahanya melalui media sosial Facebook, travel gelap menawarkan jasa dengan tarif 4 kali lebih mahal dibandingkan tarif normal sebelum terjadinya larangan mudik akibat pandemik.

"Modusnya sebagian menawarkan melalui media sosial, ada yang (promosi) di Facebook, Instagram dan sebagainya. Sebagian dari mulut ke mulut," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, seperti dilansir Korlantas Polri.

Ada sekitar lebih dari 200 kendaraan travel gelap telah diamankan karena kedapatan mengangkut pemudik. Sebagian besar diamankan di jalur perbatasan menuju ke daerah-daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Baca Juga: Bawa 20 Penumpang Mudik, 2 Travel Gelap Kembali Diamankan

"Ada beberapa yang sudah bisa sekali-dua kali antar ke Jawa, balik ke Jakarta, antar lagi tapi bisa kita amankan," tutur Sambodo. Kota-kota di pulau Jawa menjadi tujuan utama travel gelap, seperti Cirebon, Pekalongan, Brebes, Tuban, Gresik, Madiun, Yogya, Pemalang, dan Malang.

"Harga tiket cukup mahal bisa 3-4 kali di atas harga normal. Contoh ke Brebes Rp 500 ribu, ke Cirebon 300 ribu, ada yang sampai Rp 750 ribu dan sebagainya," jelas Sambodo.

Hingga saat ini, Polda Metro Jaya terus melaksanakan Operasi Ketupat 2020. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona Covid-19.