Jeep Modifikasi Yang Nyaman Dipakai Harian

Jeep Modifikasi yang Nyaman Dipakai Harian Jeep Wrangler JK modifikasi (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com- Jeep merupakan mobil off-road yang populer di kalangan pecinta otomotif. Berbagai medan ganas seperti lumpur, pasir, bebatuan dan sungai mampu dilalui maksimal mobil yang dilengkapi fitur 4WD tersebut.

Namun, tidak semua orang memiliki Jeep hanya sebagai kendaraan off-road. Ada sebagian orang yang menginginkan Jeep miliknya menjadi mobil yang bisa dikendarai untuk keperluan sehari-hari.

Baca Juga:

Hal itulah yang coba diwujudkan oleh Teddy Murano, pria yang hobi mengendarai Jeep sejak masih di bangku SMA ini memodifikasi wujud mobil premium asal Amerika Serikat miliknya menjadi mobil serbaguna. Dalam artian mobil Jeep Wrangler JK ini mampu untuk bisa merambah medan yang berat serta nyaman untuk dikendarai sehari-hari.

KabarOto.com berkesempatan mengulik lebih dalam tentang proses modifikasi Jeep Wrangler JK milik Teddy Murano, di sela-sela kesibukannya sebagai pengusaha kulit jok mobil.



Modifikasi yang dibahas pertama adalah bagian velg. Velg ring 17 dan lebar 8,5 inci merk AEV yang dilapisi ban berdiameter tinggi 35 inci dan lebar 12 inci Super Swamper. Untuk alat pembuangan gas, knalpot yang digunakan bermerk Gibson Metal Mulisha.



Kemudian mengganti control arm atas dan bawah yang berfungsi untuk mengembalikan posisi casten gardan mobil seperti semula. Karena jika tidak dikembalikan dalam posisi normal, mobil akan terasa tidak nyaman saat dikendarai.

"Contohnya kalau kita nyetir mobil terus hajar lubang jalan, nah setir mobil jadi berasa limbung (goyang) dibawanya. Nah pas ganti control arm, mobil jadi bisa lebih terkontrol, lebih nyaman lah" ujar Teddy.

Kemudian mengganti track bar depan dan belakang merek Sinergy dan shockbreaker belakang merk King. Biaya modifikasi yang dihabiskan untuk bagian kaki-kaki mencapai Rp 100 jutaan.



Perubahan selanjutnya masuk ke bagian bumper. Untuk bumper depan dan belakang Teddy memakai produk AEV type Premium. Kemudian headlamp LED lightbar menggunakan brand Rigid Industries asli dari Amerika Serikat.

Mobil keluaran Amerika Serikat ini juga dilengkapi dongkrak merk Hi-Lift Jack. Dongkrak ini berfungsi untuk alat recovery pada saat kondisi stuck atau terjebak saat melalui medan yang sulit dilewati.

Selain itu, dongkrak Hi-Lift Jack juga dapat berfungsi sebagai pengungkit untuk mengangkat roda dari lubang dimana pada bagian roda tersebut terperosok di medan off-road.

Setelah mengupas habis modifikasi bagian eksterior mobil ini, kita lanjut ke bagian interior yang di dalamnya sudah dilengkapi fitur istimewa dari si pemilik.